Mengenal Kepribadian Awal Bayi

Merries Insight
27 Desember 2014
Tumbuh Kembang
Share
Mengenal Kepribadian Awal Bayi

Apakah Moms benar-benar sudah mengenal kepribadian bayi anda? Berikut terdapat beberapa jenis kepribadian awal yang cenderung dimiliki oleh bayi.

  • Mudah takut/ pemalu

Kepribadian pemalu atau mudah takut biasanya memiliki ciri bayi tak ingin lepas dari gendongan sang ibu. Bayi dengan kepribadian ini juga cenderung lebih mudah gelisah. Tantangan yang dihadapi oleh bayi dengan kepribadian ini antara lain bertemu dengan orang-orang baru dan berpisah dengan orang tua terutama ibu. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Untuk menenangkannya, sebaiknya jangan anda paksa bayi anda untuk berinteraksi dengan orang lain. Anda juga jangan terlalu mengisolasi bayi anda dari orang lain. Dengan hati-hati dan perlahan, perkenalkan dia dengan lingkungan sekitar.

  • Ngambek

Sifat utama dari bayi yang suka mengambek antara lain bayi biasanya suka seenaknya sendiri, sering sekali menangis, dan mudah kesal. Cara mengatasi bayi yang suka mengambek yaitu anda harus ekstra sabar untuk menghadapinya. Hindari mengajaknya ke toko mainan atau toko lainnya jika anda tidak berniat membelikanya mainan/ sesuatu lainnya.

  • Bayi yang terlalu sensitif

Karakter utama dari bayi yang terlalu sensitif yaitu suka rewel dan mudah gelisah. Penyebab bayi menjadi terlalu sensitif biasanya lingkungan yang tidak nyaman, pakaian yang tidak nyaman, tempat tinggal yang terlalu berisik, dan lain sebagainya. Nah, cara menanganinya, hindari bayi anda dari hal-hal yang membuatnya merasa tidak nyaman di atas. Bila perlu sering ajak bayi anda jalam-jalan ke tempat yang menarik.

  • Ceria

Sifat utama bayi yang ceria yaitu mudah sekali untuk tersenyum dan tidak rewel. Meski begitu, terkadang bayi ceria juga bisa menjadi rewel karena suatu hal. Misalnya saja ketika sedang tidak enak badan, merasa tidak nyaman, merasakan sakit, takut, dll. Moms pastinya sangat beruntung apabila memiliki bayi ceria seperti ini karena anda tidak perlu melakukan penanganan khusus.

  • Aktif

Bayi aktif identik dengan sifatnya yang tak mau diam. Tantangannya yaitu sulit sekali untuk diminta duduk tenang. Nah, cara mengatasinya, ketika anda mengajak bayi anda ke suatu tempat yang jauh dengan menggunakan kendaraan mobil, sesekali berhentilah dan biarkan ia berpindah posisi duduk. jangan lupa bawa mainan kesukaannya untuk mengalihkan sifat aktifnya.

Baca Juga

Makanan Tepat untuk Si Kecil di Awal MPASI

Tidur Lebih Awal Jauhkan Si Kecil dari Risiko Obesitas

Jenis Makanan yang Cocok di Awal MPASI