Mengapa Balita Tak Bisa Lepas dari Ibunya?

Merries Insight
29 September 2014
Tumbuh Kembang
Share
Mengapa Balita Tak Bisa Lepas dari Ibunya?

Moms, memang benar sebagian besar balita tidak bisa lepas dari ibunya. Kemanapun ibunya pergi, balita selalu saja mengikutinya. Kira-kira mengapa begitu? Berikut ini penyebab-penyebab mengapa balita tak bisa lepas dari ibunya.

  • Usia balita masih belum dianggap mandiri

Keterikatan emosional antara balita dan ibunya sangatlah besar. Ada kekhawatiran tersendiri di benak ibu jika dirinya melepas balitanya sendirian. Kecemasan seperti ini muncul karena ibu menganggap bahwa balitanya masih belum dianggap mandiri. Apalagi untuk mengeksplore lingkungan di sekitarnya. Kondisi semacam ini kemudian menciptakan suatu kewajiban bagi ibu untuk memberi keamanan dan kenyamanan yang ekstra pada buah hatinya yang masih balita. Hal ini kemudian menyebabkan balita merasa nyaman dan aman bila berada di dekat ibunya. Tak perlu heran jika balita tak ingin jauh/lepas dari ibunya karena ibu pastinya akan memenuhi kebutuhan keamanan dan kenyamanan si balita.

  • Balita ingin mendapatkan kenyamanan dan keamanan dari ibunya

Karena balita belum terbentuk sifat kemandiriannya, ia tentunya menginginkan kenyamanan dan keamanan hanya dari ibunya karena hanya ibunya-lah yang pasti akan memberikanya.

Lantas apa solusinyaa agar balita tidak terlalu bergantung pada ibunya? Terdapat beberapa solusi yang bisa anda coba praktikan, yaitu:

  • Usahakan untuk menciptakan kenyamanan pada balita

Jangan remehkan rasa cemas yang dialami oleh balita Anda. Untuk menghilangkan rasa cemas balita, ciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan aman untuk balita. Terlebih saat Moms jauh darinya.

  • Berilah perhatian pada balita Anda

Saat sedang bercengkerama dengan balita di rumah, usahakan untuk memberi perhatian ekstra pada balita Anda seperti mengucapkan kata-kata penuh kasih dan sayang. Hindari ucapkan kata ‘kangen’ karena hanya akan membuat balita ingin bersama ibunya

  • Beri sentuhan fisik pada balita

Saat akan berpisah dengan balita, beri sentuhan fisik seperti membelai kepala, mencium dahi dan pipi, dan lain-lain sebagai tanda bahwa anda masih perhatian padanya.

  • Ciptakan suasana yang menyenangkan

Untuk melatih kemandirian pada balita, anda bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dan menenangkan seperti mengucapkan ‘Moms di sini sayang, tidak usah takut ya..”