Menenangkan Bayi yang Kelelahan

Merries Insight
06 Agustus 2014
Tumbuh Kembang
Share
Menenangkan Bayi yang Kelelahan

Bayi 0-3 bulan terkadang menangis tanpa sebab. Saat hal ini terjadi para Moms pasti merasa bingung dan bertanya-tanya apa penyebabnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan bayi menangis terus-terusan dan rewel. Mungkin bayi kesayangan Moms sedang lapar, haus, mengantuk, popoknya basah, dan lelah. Jika bayi para Moms popoknya tidak basah dan disusui tidak mau, mungkin bayi Moms kelelahan bermain. Tanda-tanda bayi lelah adalah rewel, membusungkan perut, menggeliat, tangan dan kaki bergerak-gerak resah dan gelisah.

Yang harus dilakukan saat bayi lelah adalah Moms harus membuatnya merasa nyaman. Moms dapat menenangkannya dengan cara memeluk dan menimang bayi. Saat Moms memeluknya ada baiknya Moms sambil mengatakan kata-kata lembut yang penuh kasih sayang biar bayi tambah nyaman. Moms juga dapat sambil mengusap punggung bayi saat memeluknya. Usapan lembut dapat membuat bayi merasa nyaman dan menghilangkan rasa lelahnya.

Cara lain yang dapat Moms lakukan untuk menenangkan bayi yang kelelahan adalah dengan menyusuinya. Bayi biasanya merasa nyaman dan aman saat Moms susui. Jika bayi tidak mau menyusu dan tetap rewel, sebaiknya Moms menggendongnya. Gendonglah bayi dan bawa ke tempat yang lebih sejuk dan tenang. Ayunkan bayi anda dan nyanyikan lullaby yang dapat membuatnya tertidur.

Membuat nyaman bayi adalah salah satu kunci untuk menenangkan bayi. Salah satu caranya adalah dengan mengganti popoknya yang sudah lama dipakai. Supaya bayi Moms merasa nyaman, pakaikan popok yang berkualitas misalnya Merries. Popok yang lembut dan sejuk pasti akan membuat bayi merasa lebih nyaman dan tidur dengan nyenyak. Tidur yang nyenyak akan menghilangkan rasa lelah pada bayi. Popok Merries juga memiliki indikator yang dapat mempermudah Moms mengetahui kapan harus mengganti popok bayi Moms. Saat memilih popok, Moms harus memilih popok yang memiliki perekat elastis dan bentuknya mengikuti bentuk tubuh bayi. Popok yang seperti ini pastinya akan membuat bayi Moms lebih leluasa menggerakkan tubuhnya saat bermain maupun tidur.

Baca Juga

3 Cara Jitu Menenangkan ‘Si Pemarah’ di Pagi Hari

5 Cara Menenangkan Bayi Rewel

Cara Menghindari Kelelahan Saat Hamil