Menangani Si Kecil yang Mimpi Buruk

Merries Insight
08 April 2016
Kesehatan
Share
Menangani Si Kecil yang Mimpi Buruk

Gangguan tidur atau parasomnia berupa mimpi buruk seringkali terjadi pada si kecil. Mimpi buruk lebih sering menimpa si kecil karena kualitas tidur yang buruk. Parasomnia biasanya bisa timbul karena ketidaknyamanan dengan suasana dan kamar tidur itu sendiri, kelelahan, dan kondisi si kecil. Mimpi buruk bisa menimbulkan ketakutan, kecemasan, dan terror berlebihan. Jika dibiarkan hal ini terjadi pada si kecil, tentu saja akan mengganggu mental si kecil. Oleh karena itu, diperlukan beberapa cara ampuh untuk menangani si kecil yang sering mimpi buruk.

Tidur Yang Cukup

Ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi si kecil yang sering mimpi buruk. Moms bisa memastikan bahwa si kecil memperoleh waktu tidur berkualitas. Berkualitas disini maksudnya adalah bahwa si kecil cukup tidur dan tidur tak larut malam sehingga bisa menghabiskan waktu di malam hari dengan tidur nyenyak. Agar si kecil bisa tidur dengan nyenyak, Moms bisa membacakan cerita atau dongeng. Moms juga bisa menemani si kecil tidur di ranjang sampai dia tidur.

Menemaninya Tidur Saat Si Kecil Mimpi Buruk

Mimpi buruk bisa datang kapan saja pada si kecil. Moms harus siap sedia untuk menemani si kecil saat dia mengalami mimpi buruk. Biasanya si kecil terbangun di tengah malam karena adanya mimpi buruk. Jika Moms mengalami hal ini, sudah seharusnya Moms menenangkan si kecil dan menemaninya tidur agar merasa nyaman dan tidak takut.

Selain itu, Moms bisa menghindari gerakan dan suara yang akan membuat si kecil lebih takut dan tak tenang. Si kecil yang sering mimpi buruk biasanya lebih sering mengigau karena terpengaruh emosi dan tekanan bawah sadarnya. Hal ini tentu saja mengganggu kesehatan si kecil karena tidur dengan tidak nyenyak dan tenang. Moms harus membuat si kecil senyaman mungkin dan menghindari perasaan cemas padanya.

Menenangkan dan Memberi Penjelasan

Langkah terakhir adalah dengan memberikan penjelasan pada si kecil bahwa itu hanyalah mimpi yang tak mungkin terjadi di dunia nyata. Cobalah untuk menjelaskannya berulang kali saat si kecil mengalami mimpi buruk. Jika si kecil mimpi buruk bertemu hantu atau monster, Moms sangat perlu untuk memberikan penjelasan yang benar tentang kedua makhluk itu. Jangan memberikan penjelasan menakutkan yang justru akan membuat si kecil semakin takut. Sebisa mungkin Moms memberikan paparan penjelasan tentang tontonan horror yang lucu dan menyenangkan seperti Casper dan Monster Inc agar si kecil tak takut lagi.