Memperkenalkan Aktifitas Berkebun Pada Anak

Merries Insight
07 Januari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Memperkenalkan Aktifitas Berkebun Pada Anak

Berkebun adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi si kecil, karena selain bisa bermain dengan tanah, ia juga dapat menambah pengetahuannya tentang manfaat berkebun. Perlu Momss ketahui bahwa kegiatan berkebun bagi si kecil juga dapat menumbuhkan rasa cinta lingkungan yang akan memberikan dampak positif nantinya. Anak-anak sangat tertarik dengan hal-hal baru yang menyenangkan, Moms bisa mengajarkan cara bertanam menggunakan tanah maupun tanpa tanah yang biasa disebut dengan hidroponik.

Moms tidak perlu khawatir si kecil akan terkena noda dan terlihat kotor, karena kotor belum tentu buruk bagi pertumbuhannya. Dengan mengajarkan kegiatan berkebun bagi si kecil, Moms juga dapat mengajari s kecil untuk mengamati pertumbuhan tumbuhan yang ditanam oleh si kecil. Mulai dari hari pertama hingga hari berikutnya, si kecil akan lebih tertarik ketika mengetahui proses berkebun dari awal.

Moms bisa memulai mengajarkan kegiatan berkebun pada si kecil dari bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan, seperti lahan atau bisa juga menggunakan polibag jika berkebun dengan tanah. Tetapi, jika berkebun dengan hidroponik yang perlu disiapkan adalah pipa dan spon( atau yang lain) dan bahan lain yang dibutuhkan adalah air dan pupuk. Moms juga harus tau cara-cara yang tepat dan benar dalam mengajarkan langkah-langkah berkebun.

Walaupun kegiatan berkebun bagi si kecil tidak membahayakan, pengawasan dari Moms masih tetap dibutuhkan. Moms juga dapat menjelaskan kepada si kecil tentang dari mana asal makanan dan mempelajari alam. Membuat taman juga merupakan salah satu cara untuk membuat anak lebih tertarik untuk berkebun. Dengan adanya kegiatan berkebun bagi si kecil dalam membuat taman, anak-anak akan terlibat lebih aktif.

Moms bisa menyiapkan biji sayuran atau bunga untuk ditanam oleh anak yang nantinya akan menambah semangat anak dalam mengamati pertumbuhan tanamannya. Selain itu, kegiatan berkebun bagi si kecil juga dapat mengajarkannya untuk lebih bersyukur dan pasti akan memiliki kepuasan tersendiri ketika mereka menikmati sayuran hasil menanam yang dilakukannya.

Si kecil juga perlu dikenalkan tentang bagaimana makanan dan kotoran hewan dapat menjadi sesuatu yang berguna bagi tanaman. Moms tidak perlu jijik dalam memberikan pengetahuan kepada si kecil tentang pengomposan, karena anak tidak bisa mendapatkan sesuatu yang setengah-setengah. Rasa keingintahuan yang mereka miliki pasti akan meningkat ketika Moms tidak menjelaskan dengan detail apa-apa yang perlu mereka ketahui.

Mengenalkan kegiatan berkebun bagi si kecil sangatlah penting, karena Moms harus mengajarkan sikap cinta lingkungan yang sejuk dan sehat. Ketika si kecil sudah terbiasa untuk mencintai lingkungan, ia akan dapat menerapkannya untuk masa depan cemerlang. Kegiatan berkebun merupakan aktivitas yang baik bagi perkembangan kognitif si kecil, karena mereka aktif dengan alam dan mereka juga dapat menyalurkan kreativitas serta energi mereka dalam merencanakan kegiatan berkebun mereka.