Membaca Dongeng Menjadi Lebih Menyenangkan dengan Cara-Cara Ini

Merries Insight
05 Januari 2016
Umum
Share
Membaca Dongeng Menjadi Lebih Menyenangkan dengan Cara-Cara Ini

Apakah Moms punya kebiasaan membacakan dongeng sebelum tidur untuk si kecil? Mungkin sebagian dari Moms punya kebiasaan itu karena Moms mengharapkan si kecil akan mendapatkan manfaat positif dengan membacakan dongeng semacam ini. Tahukah Moms, kalau dengan membiasakan diri untuk membacakan dongeng bagi si kecil maka secara tidak langsung hal ini akan mengembangkan kecerdasan emosional serta akan mengoptimalkan perkembangan psikologis anak tersebut.

Perlu diketahui Moms, manfaat lain dengan membacakan dongeng adalah membantu si kecil untuk meningkatkan kecerdasan berbahasa, berempati bahkan mampu melatih daya ingat si kecil. Akan tetapi, sering kali Moms kehilangan cara menarik minat si kecil terhadap dongeng. Bahkan sering kali ia sulit untuk diajak belajar bersama dan lebih suka bermain dengan permainannya. Untuk mengatasi hal semacam itu, Moms bisa mencoba beberapa cara menarik minat balita terhadap dongeng berikut ini.

Beberapa cara menarik minat balita terhadap dongeng bisa Moms lakukan dengan mencoba berekspresi dengan meyesuaikan setiap karakter dalam dongeng tersebut. Moms bisa membuat suasana yang lucu ataupun mencekam sesuai dengan tema cerita yang Moms pilih. Penggunaan ekspresi dalam membaca bisa Moms variasikan dengan penggunaan jenis suara yang berbeda. Pastinya dengan cara semacam ini maka akan menumbuhkan ketertarikan bagi si kecil.

Selain itu, Moms juga bisa menerapkan cara menarik minat si kecil terhadap dongeng dengan memilih buku cerita yang setidaknya Moms dan si kecil sukai, sehingga Moms bisa mengeksplorasikan diri Moms dalam membacakan cerita. Perlu diingat Moms, kalau si kecil dapat mengenali Moms saat Moms kurang tertarik dengan cerita yang akan dibacakannya. Kemudian, saat membacakan dongeng, janganlah Moms membacakannya dengan terburu-buru. Ajaklah si kecil untuk menebak adegan apa yang akan terjadi selanjutnya ataupun mencoba mengenalkan setiap gambar yang termuat di dalamnya.

Cara menarik minat si kecil terhadap dongeng semacam ini akan mampu membantu anak dalam berimajinasi. Untuk melatih daya ingat, sesekali Moms bisa melontarkan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan isi cerita yang telah dibacakannya. Hal yang sangat penting saat membacakan dongeng yang perlu Moms ketahui adalah dengan berusaha bersikap sabar.

Cobalah untuk memberikan kebebasan bagi si kecil untuk berekspresi dengan mencoret-coret ataupun mewarnai setiap gambar yang ada pada buku dongeng tersebut. Menerapkan cara menarik minat balita terhadap dongeng semacam ini akan memberikan peluang bagi si kecil untuk berekspresi melalui gambar.

Pada awalnya cara menarik minat si kecil terhadap dongeng sangatlah sulit bagi sebagian orang tua. Akan tetapi, Moms bisa melakukan beberapa cara di atas supaya si kecil terbiasa untuk belajar yang sekaligus akan memberikan manfaat yang positif bagi dirinya.

Selain itu, dalam mempraktikkannya, maka Moms tidak boleh memaksakan kehendak diri Moms ataupun mencoba membuat suasana dalam mendongeng terlalu lama. Cobalah Moms sisihkan 15 menit sebelum tidur. Waktu seperti ini sangatlah ampuh untuk mengajak si kecil membaca dongeng kesayangan mereka. Selamat mencoba Moms!