Mau Si Kecil Tidak Minder? Ini Cara Mencegahnya Dads

Merries Insight
11 Agustus 2016
Umum
Share
Mau Si Kecil Tidak Minder? Ini Cara Mencegahnya Dads

Anak merupakan harta yang sangat berharga bagi keluarga. Kehadirannya mampu membawa suasana rumah menjadi ceria dan penuh warna. Selain membesarkan, Dads juga berkewajiban untuk memberikan pendidikan yang dibutuhkan si kecil, salah satunya adalah penanaman rasa percaya diri.

Dads, jika Dads ingin si kecil tumbuh dengan kepercayaan diri yang tinggi, berikut merupakan cara terbaik untuk menanamnya sejak dini, seperti dilansir dalam LifeHack.

Bantu temukan bakatnya

Tiap anak dilahirkan dengan bakatnya masing-masing. Sebagai orang tua, Dads bertugas untuk mengungkap dan mengembangkan bakatnya tersebut. Dengan bakat yang dimilikinya, si kecil akan merasa punya sesuatu yang pantas dibanggakan.

Jadi pendengar baik

Tidak hanya memenuhi kebutuhan perutnya saja, si kecil pun butuh didengarkan. Ketika si kecil mengeluh tentang temannya, sekolah atau hal-hal yang menyangkut kehidupannya, jangan anggap sepele. Sempatkan diri Dads untuk mendengarnya. Ingat, hanya mendengarkan saja.

Terdengar sepele memang. Tapi hal sepele inilah yang akan membuat mereka merasa ada, dihargai dan dicintai keluarganya. Secara tidak langsung, hal sepele ini akan meningkatkan rasa percaya dirinya.

Latih untuk bergaul

Ketika berhadapan dengan lingkungan baru, si kecil mungkin akan cenderung diam dan malu-malu dengan teman-teman barunya. Jangan dibiarkan Dads, dorong dia untuk bergabung dengan mereka. Bahkan kalau perlu undang teman-temannya ke rumah untuk sekedar jamuan sederhana sebagai salam perkenalan.

Ajak bicara

Sesekali, cobalah untuk bertanya tentang bagaimana sekolahnya, teman-temannya atau pelajarannya. Selain untuk menjaga komunikasi antara keluarga, cara ini pun bisa Dads gunakan untuk membangun komunikasi yang sehat dan keterbukaan antara keluarga.

Agar tidak dianggap kepo, cobalah jadikan kegiatan ini sebagai salah satu agenda utama di meja makan setelah makan malam selesai.

Ajarkan menetapkan cita-cita

Rasa percaya diri akan tumbuh ketika si kecil punya hal yang dibanggakan dalam dirinya. Salah satunya adalah cita-cita. Ketika si kecil ingin jadi Presiden, Dokter atau pencipta robot, jangan dianggap tidak mungkin. Alih-alih meragukan, Dads harus mendorongnya untuk mewujudkan cita-citanya tersebut.

Intinya, membangun kepercayaan diri si kecil merupakan hal yang wajib Dads lakukan. Untuk itu, dampingi dan dorong si kecil untuk menemukan siapa dirinya agar dia punya sesuatu yang bisa dibanggakan.