Mau Lakukan Perjalanan Saat Hamil? Perhatikan Hal Ini Ya

Merries Insight
29 Februari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Mau Lakukan Perjalanan Saat Hamil? Perhatikan Hal Ini Ya

Melakukan perjalanan saat hamil tentu merupakan suatu hal yang sangat mengasyikkan bukan Moms? Tetapi, seringkali perjalanan ini akan kurang nyaman bagi wanita hamil. Apalagi ketika berada di pesawat.

Dengan kondisi perut yang membuncit dan kapasitas tempat duduk pesawat yang membatasi ruang gerak, tentu menjadikan Moms yang sedang hamil merasa sesak bukan? American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG) pun juga menyarankan bahwa wanita hamil yang memasuki usia kehamilan 14-28 minggu untuk tidak berpergian terlalu jauh. Usia kehamilan tersebut sangat rapuh dan memiliki kecenderungan untuk mengalami keguguran dikarenakan kandungan yang masih terbilang lemah.

Untuk dapat mengantisipasi hal tersebut, maka Moms harus memperhatikan beberapa hal penting berikut ini ketika hendak melakukan perjalanan saat hamil:

Konsumsi air putih

Selama berada di perjalanan, pastikan anda memenuhi kebutuhan air putih untuk anda dan si janin. Minim mengkonsumsi air putih akan membuat Moms merasakan dehidrasi dan rahim pun akan mengalami kontraksi dan membuat kelahiran berjalan secara prematur. Meskipun berada di pesawat atau perjalanan darat, rutinlah meneguk air putih sekitar 8 hingga 14 gelas ya Moms.

Lakukan gerakan peregangan dan gerakan kecil lainnya

Moms, wanita hamil akan rentan terkena pembekuan darah. Hal ini diakibatkan karena aliran darah dari kaki kembali ke jantung berjalan lambat sehingga menyebabkan terhambatnya sirkulasi darah. Maka dari itu ketika dalam perjalanan, Moms haruslah melakukan gerakan-gerakan kecil peregangan agar aliran darah bisa lancar kembali. Melakukan perjalanan saat hamil memang memerlukan upaya yang lebih ekstra, jika memungkinkan Moms juga dapat sesekali berjalan-jalan di kabin pesawat.

Menjaga kebersihan

Melakukan perjalanan saat hamil akan memungkinkan Moms berbaur dengan semua orang dari segala penjuru. Otomatis Moms akan terkontaminasi dengan banyak virus dan bakteri. Nah, untuk mencegah hal tersebut Moms wajib menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan, menggunakan cairan antiseptik hingga tidak sembarang mengkonsumsi makanan dan minuman.

Tetap gunakan sabuk pengaman

Menggunakan sabuk pengaman tidak akan melukai janin kok Moms, asalkan cara memakainya sudah benar. ACOG juga mengusulkan, wanita hamil tidak boleh melakukan perjalanan lebih dari 5 jam, namun Moms tetap dapat melakukannya jika mempunyai surat izin dari dokter Moms.

Persiapkan beberapa keperluan

Melakukan perjalanan saat hamil berarti Moms juga harus menyediakan obat-obatan, nomor dokter dan beberapa kelengkapan lain untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga.

Nah, dengan demikian Moms tetap bisa melakukan perjalanan saat hamil, asalkan memperhatikan beberapa aspek di atas. Sebaiknya, Moms juga melakukan konsultasi terlebih dulu kepada dokter kandungan yang menangani Moms, agar Moms tahu apakah tubuh Moms dan janin fit untuk menempuh suatu perjalanan jauh. Sebagai ibu muda, Moms harus selalu berhati-hati.