Masalah Tinggi Badan pada Anak

Merries Insight
15 Februari 2015
Kesehatan
Share
Masalah Tinggi Badan pada Anak

Apakah moms salah satu dari sekian banyak orang tua yang mencemaskan soal tinggi badan anak-anaknya? Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor genetika, faktor gizi, dan faktor lingkungan. Banyak orang yang berpendapat bahwa meminum susu dapat membantu pertumbuhan tinggi badan seseorang, terutama pada anak-anak. Para ahli menjelaskan bahwa sebenarnya susu tidak berperan terlalu besar dalam menambah tinggi badan seseorang. Susu hanya berpengaruh dalam menambah masa tulang. Meski demikian, anak-anak tetap harus memenuhi kebutuhan susu sebagai nutrisi utama untuk tulang-tulangnya. Dengan mengkonsumsi susu, tulang pada anak-anak akan kuat dan kecerdasan anak pun akan meningkat.

Bagaimana dengan olahraga? Apakah benar olahraga dapat menambah tinggi badan? Terdapat beberapa jenis olahraga yang memang dapat membantu pertumbuhan tinggi badan. Sebut saja olahraga bola basket, bola voli, dan renang. Nah, bagi moms yang menginginkan anak Anda tumbuh lebih tinggi dengan cepat, sejak dini ajarkan salah satu jenis olahraga di atas Tapi pastikan umurnya sudah memenuhi ya agar si anak tidak terlalu lelah. Misalnya saja anak minimal kelas 6 SD sudah boleh diajarkan teknik-teknik dasar bermain bola basket, bola voli, atau renang. Anak di usia ini sudah cukup kuat fisiknya untuk melakukan olahraga-olahraga di atas.

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa masalah tinggi badan juga bisa dipengaruhi oleh riwayat penyakit yang pernah diderita. Sebut saja penyakit TBC yang menyerang ketika masih kanak-kanak. Penyakit TBC dapat mempengaruhi pertumbuhan anak. Anak-anak pengidap TBC memiliki tinggi badan yang lebih pendek daripada mereka yang normal alias tidak memiliki masalah kesehatan, terutama penyakit TBC.

Hal lainnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan agar petumbuhan anak optimal adalah dengan memberinya nutrisi yang bergizi lengkap dan seimbang. Pastikan nutrisi yang diberikan adalah 4 sehat 5 sempurna. Jangan lupa hidangkan nutrisi dengan porsi yang pas agar anak selain memiliki tinggi badan yang ideal juga memiliki berat badan yang ideal. Dengan memperhatikan nutrisi anak, anak Anda pastinya akan tumbuh menjadi anak yang sehat, berbadan proporsional, dan cerdas.