Manfaat Bernyanyi dengan Si Kecil

Merries Insight
24 Februari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Manfaat Bernyanyi dengan Si Kecil

Moms, apakah sering mengajak si kecil bernyanyi? Ternyata bernyanyi bersama si kecil juga ada manfaatnya Moms! Dengan bernyanyi, si kecil bisa mengilustrasikan banyak hal, sehingga secara tidak langsung anak dapat mengasah dan mempertajam daya imajinasinya lewat sebuah nyanyian. Manfaat bernyanyi bagi si kecil juga sebagai suatu sarana kebahagiaan Moms, dengan menyanyikan sebuah lagu anak akan nampak lebih senang dan gembira.

Ya Moms, hampir setiap si kecil memang menyukai kegiatan bernyayi. Moms pun bisa mengajak si kecil bernyanyi lagu anak-anak, seperti balonku, naik-naik ke puncak gunung, burung kakak tua dan lagu lainnya. Inginkah Moms tahu manfaat bernyanyi bagi si kecil lebih lanjut? Nah, ini dia Moms uraiannya. Membuat si kecil mengenali obyek tertentu dari lagu

Manfaat bernyanyi bagi anak yang pertama ialah si kecil akan dapat mengenali suatu obyek tertentu Moms melalui lagu yang ia nyanyikan. Misalnya pada lagu balonku, obyeknya ialah balon, menggambarkan aneka warna-warna balon, bilangan. Sedangkan pada lagu topi saya bundar, yang diajarkan ialah mengenali bentuk topi yang bundar, sehingga secara tidak langsung si kecil pun akan membayangkan topi yang bundar tersebut.

Serta lagu naik-naik ke puncak gunung, akan memberikan konsep ke si kecil gambaran suasana pegunungan yang banyak tumbuh pohon cemara, betapa tingginya pegunungan itu, hingga arahnya yang menuju kanan dan kiri. Maka, si kecil akan dipertajam dalam segi kreativitas dan imajinasinya. Si kecil bisa belajar berbicara, berucap dan memperbanyak kosakata

Dengan bernyanyi bersama si kecil, Moms akan dapat mengajarkannya cara berbicara, berucap dan melafalkan suatu kata. Sehingga kosakata si kecil pun sedikit demi sedikit akan bertambah Moms. Memengaruhi pada rasa percaya dirinya

Si kecil yang sejak kecil Moms ajarkan untuk bernyanyi, maka ia akan terbiasa untuk tampil bernyanyi. Sehingga ia pun takkan malu jika harus bernyanyi di depan umum.

Baca Juga

Manfaat Dads Aktif di Kegiatan Sekolah Si Kecil

5 Manfaat Mengajak Si Kecil Membaca Sejak Bayi

Manfaat Bernyanyi untuk Bayi

Selain itu, si kecil juga akan jauh lebih sehat Moms, baik dari segi fisik maupun psikis. Hal ini dikarenakan ketika bernyanyi, fisik si kecil pun juga akan ikut berperan serta, dengan berjoget, menggerakkan otot-ototonya, bertepuk tangan, hingga seperti sedang melakukan senam wajah ketika si anak bernyanyi, karena otot pada leher dan wajah juga ikut berfungsi.

Jika ditinjau dari segi psikisnya, si kecil akan lebih senang, sehingga kondisi hatinya cenderung lebih stabil. Si kecil juga akan terlatih kemampuan visualnya, kepekaan, berlatih pernafasan hingga membuat lentur organ yang digunakan untuk bicara.

Nah, Moms memang banyak sekali manfaat bernyanyi bagi si kecil. Maka sebab itu, sangat dianjurkan sekali untuk Moms mulai aktivitas bernyanyi dengan si kecil.