Manfaat Berlatih Beladiri untuk Si Kecil

Merries Insight
10 September 2016
Umum
Share
Manfaat Berlatih Beladiri untuk Si Kecil

Moms tentu tidak ingin melihat Si Kecil berkelahi, bukan? Atau, Si Kecil yang sudah mulai memasuki usia balita tentu akan sangat aktif. Akan ada banyak hal yang mereka lakukan dan membuat Moms khawatir. Akan tetapi, ada cara yang bisa Moms lakukan agar keaktifan Si Kecil ini bisa tersalurkan ke arah yang lebih baik. Caranya adalah dengan beladiri.

Tapi, bukankah beladiri identik dengan kekerasan? Memang, benar, tapi ada manfaat lebih yang bisa didapat oleh Si Kecil dari berlatih beladiri.

Fisik

Tentu saja, beladiri adalah kegiatan fisik. Oleh karena itu, fisik Si Kecil juga akan terlatih saat mengikuti latihan beladiri. Fisik yang terlatih akan sangat baik untuk perkembangan tubuh Si Kecil. Si Kecil juga akan lebih tahan cedera dan sakit.

Percaya Diri

Dengan berlatih beladiri, Si Kecil juga akan menjadi lebih percaya diri. Hal ini disebabkan, dalam latihan beladiri, Si Kecil memang dilatih untuk lebih berani. Selain itu, Si Kecil juga akan berinteraksi dengan pelatih dan teman-teman lainnya, yang juga berperan untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya. Hal ini juga bisa membuat Si Kecil menjadi lebih berani dan waspada terhadap lingkungan sekitar. Ini akan membentuk mentalnya agar tidak mudah untuk menyerah dan bisa bersosialisasi dengan baik.

Disiplin dan Tanggung Jawab

Untuk bisa menguasai satu gerakan beladiri, disiplin dibutuhkan. Dan, inilah yang akan didapat oleh Si Kecil. Mengajari disiplin sejak dini, akan sangat penting untuk masa depan Si Kecil. Hal ini akan sangat berguna untuk Si Kecil saat mereka bersekolah. Si Kecil akan tahu arti tanggung jawab terhadap tugas dari sekolah yang diberikan. Jadi, Si Kecil tidak malas untuk mengerjakan.

Membentuk Akhlak Si Kecil

Banyak perguruan pencak silat yang juga memasukkan unsur-unsur agama dan norma dalam latihan mereka. Hal ini akan sangat membantu Si Kecil untuk memiliki akhlak dan perilaku yang baik. Misalnya, saat akan berlatih, Si Kecil dan teman-temannya wajib untuk berdoa dahulu. Ini juga bisa membuat Si Kecil mempunyai sifat yang lebih baik, karena Si Kecil sudah diajarkan tentang pentingnya agama untuk mereka. Dengan kondisi ini, Si Kecil juga akan lebih tenang. Moms tidak perlu lagi khawatir mengenai Si Kecil yang nakal lagi.

Melestarikan Budaya

Memasukkan Si Kecil ke dalam perguruan pencak silat bisa menjadi cara untuk melestarikan budaya asli Indonesia, yaitu pencak silat.