Makanan yang Harus Dihindari Selama Masa Kehamilan

Merries Insight
11 September 2016
Tumbuh Kembang
Share
Makanan yang Harus Dihindari Selama Masa Kehamilan

Selama hamil, Moms tentu harus benar – benar memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Apalagi tidak semua makanan aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung zat berbahaya yang dapat berdampak buruk terhadap kehamilan. Lantas apa saja jenis makanan yang harus dihindari selama kehamilan?

Makanan Mentah

Makanan mentah seperti sushi atau sashimi merupakan makanan yang memiliki cukup banyak peminat. Jika Moms termasuk penggemar sushi, maka sebaiknya hindari makanan tersebut selama hamil. Berbagai jenis makanan yang menggunakan bahan mentah sangat rentan terhadap berbagai virus, cacing, dan bakteri. Berbagai penyakit ini dapat mengalir ke janin dan mengganggu pertumbuhan janin. Bahkan penyakit tersebut dapat menyebabkan keguguran dan juga kehamilan ektopik.

Makanan yang Mengandung Bahan Pengawet

Makanan yang mengandung bahan pengawet memang mudah dijumpai di mana – mana. Tetapi berbagai jenis pengawet yang dijadikan sebagai bahan tambahan untuk minuman dan makanan sebaiknya sangat dihindari oleh ibu hamil. Pasalnya berbagai zat tersebut dapat masuk ke janin dan menimbulkan gangguan kesehatan janin. Selama hamil, janin hanya menerima nutrisi dari plasenta yang langsung berhubungan dengan darah ibu hamil. Makanan berpengawet dapat memberikan dampak pada janin meliputi kelainan, meningkatkan resiko bayi lahir cacat, bayi kurang gizi, hamil anggur, dan keguguran.

Makanan yang Mengandung Tinggi Garam

Baca Juga

Kesalahan-Kesalahan dalam Merawat Bayi Ini Wajib Dihindari

Agar Aman Selama Masa Kehamilan, Yuk Praktekan Ini!

Makanan-Makanan Ini Harus Dihindari Ibu Menyusui. Mitos Atau Fakta?

Makanan dengan kandungan garam yang tinggi sangat berbahaya bagi ibu hamil. Garam yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil berpotensi menyebabkan gangguan keseimbangan cairan dan dapat membahayakan kesehatan limpa dan ginjal. Selain itu garam juga dapat menghambat penyerapan zat besi. Jadi sangat mengganggu produksi sel darah merah. Kadar garam berlebih di dalam tubuh hamil akan menyebabkan tubuh bengkak dan tekanan darah tinggi saat hamil.

Makanan yang Tidak Dicuci

Semua makanan yang tidak dicuci dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah dan sayuran yang tidak dicuci dapat menyebabkan infeksi bakteri pada tanaman. Kebiasaan mengkonsumsi sayuran mentah misalnya lalapan sebaiknya dihindari selama hamil. Pasalnya bakteri mungkin saja menyebabkan gangguan penyakit pada tubuh bayi.

Makanan Laut dengan Kandungan Merkuri

Ikan laut memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil karena dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bagi janin. Tetapi beberapa jenis ikan yang mengandung merkuri tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, Merkuri pada ikan dijumpai dalam kandungan daging dan umumnya dijumpai pada beberapa jenis ikan misalnya ikan hiu, makarel, dan todak. Merkuri memiliki sifat karsinogen yang dapat memicu kanker bagi ibu hamil maupun janin.

Baca Juga

Amankah Konsumsi Telur Selama Masa Kehamilan?

Agar Aman Selama Masa Kehamilan, Yuk Praktekan Ini!

Pentingnya Berat Badan Ideal Selama Masa Kehamilan