Makanan Ibu Hamil untuk Membuat Bayi Pintar

Merries Insight
17 Januari 2015
Tumbuh Kembang
Share
Makanan Ibu Hamil untuk Membuat Bayi Pintar

Kebutuhan nutrisi untuk bayi harus diperhatikan untuk membuat bayi pintar. Banyak sumber vitamin dan protein yang mampu meningkatkan kecerdasan otak bayi. Salah satu kandungan yang berperan untuk meningkatkan kecerdasan bayi ialah omega 3. Namun, lengkapilah kebutuhan nutrisi janin dengan Moms mengkonsumsi makanan berikut:

  • Sumber omega 3 dapat diperoleh dari lemak ikan laut yang mengandung asam lemak linoleat, asam dokoza heksana, dan asam eikosapentanoat yang mampu meningkatkan kecerdasan otak. Ikan tuna merupakan sumber omega terbesar yang ada di ikan laut. Namun, Moms juga dapat mengonsumsi berbagai ikan darat yang juga mengandung omega 3. Selain itu, biji-bijian seperti kacang almond dapat Moms konsumsi karena banyak mengandung asam arakidonat dan asam linoleat yang cukup tinggi. Konsumsi pula sumber protein tinggi di telur, daging, keju, dan susu sehingga nutrisi otak janin terpenuhi.
  • Buah bernutrisi baik untuk kepintaran janin Moms. Buah kurma misalnya, buah ini mengandung zat besi, fosfor, vitamin A dan C, potassium, kalsium yang mampu meningkatkan volume otak dan menyempurnakan sel otak. Adapula kandungan asam folat yang ada dibuah dan sayur yang bermanfaat untuk janin yaitu jeruk nanas, melon, anggur, raspberry, strawberry, belewah, jagung, tomat, brokoli, selada, tauge, pisang, dan sawi.
  • Pada wanita hamil, jumlah asam folat yang harus dikonsumsi ialah 600 hingg 800 mcg perhari. Pilihlah sumber makanan yang mengandung asam folat tinggi meliputi sayuran berdaun hijau seperti lobak, bayam, asparagus. Moms juga dapat mengkonsumsi polong-polongan seperti lentil, buncis, kacang-kacangan dan biji-bijian meliputi sereal dan roti.

Jadi, Moms harus berusaha untuk menghindari makanan berpengawet dan meningkatkan konsumsi nutrisi yang baik untuk otak meliputi protein, asam folat, mineral, vitamin untuk melahirkan bayi yang pintar. Dengan mengonsumsi makanan seperti ikan tuna, buah dan sayuran tersebut Moms dapat menurunkan resiko bayi lahir cacat lebih besar karena asupan asam folat yang cukup mampu menyempurnakan pembentukan sel dan jaringan di otak janin secara sempurna.