Lidah Bayi Berwarna Putih, Berbahayakah?

Merries Insight
28 September 2014
Kesehatan
Share
Lidah Bayi Berwarna Putih, Berbahayakah?

Sebagai seorang ibu, Moms pasti pernah melihat bayi dengan lidah berwarna putih. Atau mungkin bayi Anda dulu pernah mengalaminya. Lidah yang berwarna putih pada bayi ternyata mengindikasikan adanya gangguan kesehatan pada bayi. Lidah bayi yang memutih dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  • Kebersihan mulut yang kurang terjaga dengan baik

Bayi tentu tidak mungkin untuk menggosok giginya. Tak perlu heran jika kebersihan mulutnya kurang terjaga dengan baik. Mulut bayi menjadi kotor akibat sisa ASI atau susu formula yang telah diminumnya. Untuk membersihkannya sebenarnya bisa dilakukan dengan cara menggunakan kain kasa lembut yang dililitkan pada jari telunjuk anda lalu gosokan perlahan di bagian gusi, lidah, dan mulut bayi. Namun jika lidah masih berwarna putih, anda bisa memberinya obat anti jamur yang aman untuk bayi dan sudah sesuai dengan resep dokter.

  • Tanda bayi mengalami dehidrasi

Ketika tubuh bayi mengalami dehidrasi, lidah akan menjadi pucat dan berwarna keputih-putihan.

  • Tanda bayi mengalami demam

Bayi yang sedang mengalami gejala demam, lidahnya akan memutih dan sedikit berkerak. Bayi juga akan malas menyusu karena ASI terasa pahit akibat lidah berkerak dan memutih. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa berikan asupan cairan yang cukup dan memberinya obat penurun demam khusus untuk bayi.

  • Adanya masalah di bagian organ liver bayi

Lidah berubah warna menjadi keputih-putihan juga bisa menjadi pertanda bahwa bayi sedang mengalami gangguan di organ livernya. Gejala yang satu ini tidak boleh anda remehkan. Segera periksakan kondisi kesehatan bayi anda ke dokter agar segera mendapatkan penanganan medis yang intensif.

  • Gejala adanya leucoplakia

Kemungkinan gejala serius lainnya selain adanya gangguan pada liver adalah kemungkinan adanya gejala leucoplakia alias kanker mulut. Beberapa tanda/gejala umum terjangkitnya leucoplakia antara lain: muncul bercak berwarna putih di area lidah, mulut, dan pipi di bagian dalam. Bercak putih ini tidak bisa dihilangkan karena bercak-bercak putih ini merupakan sel-sel kanker mulut.

Baca Juga

Lidah Si Kecil Putih. Benarkah Disebabkan Karena Moms Konsumsi Makanan Panas?

Mengapa Kotoran Bayi Berwarna Macam-Macam

jika baby pup berwarna hijau dan lendir normal atau tidak. padahal full asi tidak pakai susu formula

Jadi kesimpulannya bahaya atau tidaknya lidah bayi yang memutih tergantung pada gejala-gejala dan penyebabnya.