Langkah Termudah untuk Memandikan Bayi

Merries Insight
10 Oktober 2015
Tumbuh Kembang
Share
Langkah Termudah untuk Memandikan Bayi

Moms, tunggu dulu bicara masalah di mana menyekolahkan anak, bagaimana cara mendidiknya, atau apa nanti cita-citanya. Sekarang ini, tantangan pertama yang harus dilewati oleh para ibu muda adalah, bagaimana cara memandikan si kecil dengan aman.

Tidak bisa dipungkiri, kegiatan memandikan bayi baru lahir bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk anda yang tergolong ibu baru. Diperlukan kehati-hatian tingkat tinggi agar proses ini tidak menyebabkan si kecil teruka atau mengalami cedera.

Bagi anda para ibu baru, seperti dilansir dalam situs parenting, berikut merupakan langkah mudah untuk memandikan bayi.

#1 Tenang

Tenang saja Moms, jangan anggap kegiatan ini sebagai perang yang menggadaikan hidup dan mati. Cobalah untuk menenangkan diri, sekaligus menangkan si kecil. Ajak dia bermain, dan jadikan ini sebagai aktivitas yang menyenangkan.

#2 Atur suhu air

Baca Juga

4 Langkah Cegah Kecelakaan Saat Bayi Mandi

Jangan Ragu, Dads Juga Bisa Kok Memandikan Si Kecil yang Baru Lahir

Langkah Melakukan CPR pada Si Kecil yang Masih Bayi

Pastikan suhu air yang digunakan tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. Ingat Moms, saat ini kulit si kecil masih sangat sensitif. Usahakan suhu air yang digunakan untuk mandi si kecil ini sesuai dengan suhu tubuh. Untuk memastikannya, anda bisa menggunakan termometer atau pergelangan tangan bagian dalam.

#3 Persiapkan peralatan

Jangan lupa untuk mempersiapkan seluruh peralatan mandi si kecil. Simpan semua peralatan tersebut di tempat yang mudah di jangkau, tapi jangan sampai bisa di jangkau si kecil. Selain itu, sebelum pergi ke tempat mandi, siapkan juga pakaian si kecil di tempat yang berbeda.

#4 Saatnya mandi

Jaga kaget ketika pertama kali di masukkan ke dalam air, si kecil akan langsung menjerit histeris. Sebaiknya, berusahalah untuk selalu bersikap tenang, dan ajak main si kecil untuk mengalihkan perhatiannya.

Baca Juga

Jangan Panik, Ikuti Langkah Ini Untuk Mengurangi Ruam Popok Parah

Langkah-langkah Sederhana untuk Meredakan Kaki Bengkak

Jangan Ragu, Dads Juga Bisa Kok Memandikan Si Kecil yang Baru Lahir

#5 Hati-hati Licin

Tubuh bayi yang sudah bertemu dengan sabun, biasanya akan sangat licin. Untuk itu, berhati-hatilah ketika memegangnya. Kalau bisa, belilah sarung tangan khusus yang terbuat dari bahan handuk agar pegangan Moms lebih mantap.

#6 Sesudah mandi

Setelah mandi, langsung bungkus si kecil dengan handuk kering dam lembut agar tubuhnya segera kering. Hindari menggosok si kecil dengan handuk untuk menghindari kemungkinan iritasi. Setelah kering, oleskan minyak telon, bedak bayi dan baru si kecil diberi pakaian.

Dalam memandikan si kecil, intinya Moms harus tenang dan tetap fokus agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sering berjalannya waktu, anda dijamin akan semakin ahli, dan bahkan kegiatan ini bisa dijadikan sebagai ajang untuk lebih dekat dengan si kecil. Selamat mencoba Moms!

Baca Juga

3 Langkah Menjaga Kesehatan Gigi Balita

Jangan Panik, Ikuti Langkah Ini Untuk Mengurangi Ruam Popok Parah

4 Langkah Cegah Kecelakaan Saat Bayi Mandi