Lakukan Ini Supaya Waffle Buatan Moms Fluffy!

Merries Insight
16 Januari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Lakukan Ini Supaya Waffle Buatan Moms Fluffy!

“Yummy,” pasti keluar secara spontan dari mulut kita saat mendengar kata “waffle bertekstur fluffy”. Bagaimana tidak? Perpaduan rasa yang lembut dan renyah memberikan cita rasa tersendiri untuk makanan ini. Tidak heran ya Moms, jika waffle bertekstur fluffy menjadi makanan favorit semua kalangan, apalagi ini buat si kecil.

Konon katanya Moms, waffle bertekstur fluffy ialah makanan yang berasal dari benua Eropa yakni di Belgia, Belanda, Perancis, Amerika Serikat, dan Skandinavia. Moms, seiring dengan berjalannya waktu, sekarang ini makanan tersebut sudah menyebar luas hingga ke pelosok dunia lho.

Sayangnya ya Moms, di Indonesia, makanan tersebut hanya dijajakan pada tempat-tempat khusus seperti restoran maupun kafe. Jika Moms ingin membuat waffle bertekstur fluffy sendiri, Moms bisa melakukannya di rumah. Pada dasarnya, bahan untuk membuat jajanan ini hampir sama dengan pancake. Jika dilihat sekilas nih Moms, kedua jenis makanan ini memiliki perbedaan yang meonjol pada bentuknya.

Coba Moms perhatikan, walaupun waffle bertekstur fluffy tetapi dia memiliki bentuk khusus sebab dimasak menggunakan cetakan bermotif supaya dapat memberikan bentuk, ukuran, karakteristik, mempunyai rasa crispi dan kesan di permukaannya. Sedangkan bentuk dari pancake yakni oval dan mulus tanpa ada isi topingnya. Sehingga dalam penyajiannya diperlukan selai atau sirup.

Tenang Moms, berikut ini kita akan memberikan tips membuat waffle bertekstur fluffy. Biar nggak nambah penasaran lagi, yuk intip beberapa tips di bawah ini Moms!

Bahan:

Baca Juga

Pakai Trik Jitu Ini Supaya Si Kecil Bisa Cepat Membaca Yuk Moms!

Lakukan Hal Ini Supaya Dads Jadi Ayah yang Asyik

moms, tipsnya dong supaya anak mau diajarin salim tiap bertemu orang yg lebih dewasa??

  1. 700 ml tepung terigu,
  2. ½ sendok teh garam,
  3. 25 gram ragi,
  4. 75 ml gula pasir,
  5. 2 butir telur ukuran ukuran besar namun jika ukurannya kecil dibutuhkan 3 butir telur dan jangan lupa untuk memisahkan putih dan kuning telurnya,
  6. 250 ml susu cair,
  7. 125 gram mentega (bukan margarin),
  8. 2 sendok teh vanila sugar,
  9. 200 ml air soda.

Cara membuat:

  1. Larutkan mentega, tambahkan susu dan air soda dengan kisaran 370C
  2. Ambil mangkuk lainnya, masukkan ragi dan tuang adonan mentega, susu, dan air soda tadi. Aduk hingga semua bahan tercampur merata, setelah itu masukkan kuning telur dan aduk lagi sampai semua bahan bercampur dan terbentuk sebuah adonan susu yang kental.
  3. Tuangkan garam, tepung terigu, vanila sugar ke adonan susu tadi, kocoklah hingga adonan menjadi rata
  4. Ambil wadah lagi, kocok putih telur hingga mengembang. Masukkan kocokan putih telur ke dalam adonan susu, aduk secara perlahan-lahan jangan sampai overmix.
  5. Jika dirasa sudah rata, tutup wadah berisi adonan susu menggunakan plastik folie. Setelah itu masukkan ke lemari es dan diamkan selama 20 menit sampai adonannya mengembang.
  6. Ambillah cetakan waffle, olesi dengan mentega cetakan tersebut, baru kemudian tuang adonan ke wadah tadi. Panggang selama 5 menit, waffle pun siap untuk dihidangkan.

Nah Moms, itulah tadi tips membuat waffle bertekstur fluffy. Penyajiannya sangat beragam, Moms bisa menambahkan topping berupa ice cream, madu, coklat, buah, mapple syrup, gula halus, whipped cream. Mudah bukan? Selamat mencoba, Moms!