Lakukan 7 Hal Ini Setelah Tahu Moms Sedang Hamil

Merries Insight
02 Juni 2016
Umum
Share
Lakukan 7 Hal Ini Setelah Tahu Moms Sedang Hamil

Menjadi suatu kebanggaan tersendiri saat Moms telah dipercaya oleh Sang Pencipta untuk menjaga seorang anak melalui terjadinya kehamilan. Keadaan ini biasanya diketahui dengan adanya tanda dua garis pada test pack yang memastikan bahwa Moms positif hamil. Setelah mengetahui bahwa Moms hamil, Moms mungkin merasa bingung harus melakukan apa karena sebenarnya Moms sendiri merasa sangat bahagia sekaligus kaget sehingga kadang menjadi bingung. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan setelah Moms mengetahui bahwa sedang hamil.

Bersyukur dan Berdoa

Moms tentu yakin bahwa kehamilan tersebut adalah karunia dari Sang Pencipta. Oleh sebab itu langkah pertama yang wajib dilakukan setelah mengetahui kehamilan adalah memanjatkan doa syukur kepada Tuhan.

Memberi Tahu Pasangan

Setelah tahu hamil, segera beri tahu kepada pasangan tentang kehamilan tersebut. Memberitahukan berita gembira seperti ini dengan pasangan pasti akan terasa sangat mendebarkan. Maka dari itu, jangan mengiriminya pesan atau menelepon langsung karena kurang kreatif. Cobalah melakukan hal yang lebih seru dan kreatif untuk memberitahu pasangan. Cara ini juga dapat membantu Dads menyiapkan mental.

Nah bagi Moms yang bekerja, Moms juga perlu memberitahu pimpinan kantor, khususnya jika pekerjaan Moms termasuk beresiko dan berbahaya untuk kehamilan seperti lingkungan kerja terpapar limbah atau zat kimia, banyak perjalanan dinas, atau lebih banyak berdiri sehingga sangat melelahkan. Dengan memberitahu pimpinan, Moms akan mendapatkan kebijakan dari perusahaan untuk menyesuaikan pekerjaan dengan kehamilan saat ini.

Memilih Dokter Kandungan

Setelah mengetahui positif hamil, Moms tentu segera memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mengetahui kondisi bayi dan ibu serta hal – hal apa saja yang perlu diperhatikan. Jika Moms sudah mempunyai nama dokter kandungan yang terpercaya, segera periksa apakah dokter tersebut praktik di rumah sakit yang mudah diakses dari kantor atau rumah. Hal ini penting untuk dipertimbangkan karena akan memudahkan Moms untuk melakukan pemeriksaan rutin atau saat persalinan nanti.

Memeriksa Keuangan

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan setelah mengetahui kehamilan adalah memeriksa kondisi keuangan. Hal ini akan memudahkan Moms dan pasangan untuk membuat rencana finansial untuk si kecil. Jangan lupa periksa lagi asuransi pribadi atau kantor. Asuransi tersebut mungkin dapat memberikan banyak manfaat termasuk keringanan biaya kontrol kehamilan, persalinan, dan pemeriksaan pasca keluar rumah sakit.

Jangan Minum Obat Sembarangan

Ketika mengalami sakit atau keluhan, jangan sembarangan mengkonsumsi obat. Pasalnya beberapa jenis obat dapat berbahaya bagi kehamilan. Sebaiknya selalu konsultasikan dengan dokter ketika ingin minum obat dan pastikan obat tersebut aman untuk Moms dan si kecil.

Memeriksa Lingkungan

Lingkungan yang baik untuk wanita hamil setidaknya bebas dari asap rokok dan jauh dari kotoran hewan yang mungkin memiliki toksoplasma. Selain itu lingkungan sebaiknya juga bebas dari obat semprot anti nyamuk, suara bising, dan asap kendaraan bermotor.

Menyiapkan Diri dengan Berbagai Gangguan Selama Hamil

Saat hamil, tentu banyak gangguan dan perubahan tidak nyaman yang akan Moms alami seperti mual muntah, sembelit, dan bengkak. Oleh sebab itu Moms dapat menyiapkan diri dan mencari cara untuk mengatasi berbagai masalah tersebut.