Kiat Menata Kamar yang Sehat dan Nyaman untuk Si Kecil

Merries Insight
04 Maret 2016
Kesehatan
Share
Kiat Menata Kamar yang Sehat dan Nyaman untuk Si Kecil

Agar jadi si kecil yang mandiri dan pemberani, Si kecil harus dibiasakan punya kamar sendiri ketika masuk usia balita. Kamar balita tidak usah besar-besar Moms, yang penting nyaman dan memenuhi syarat kesehatan. Moms dan Dads bisa melihat berbagai desain kamar untuk si kecil kecil di internet yang lucu-lucu dan menarik. Selain membuat kamar dengan desain yang menarik, berikut adalah hal-hal yang harus Moms dan Dads perhatikan ketika membuatkan Si kecil kamarnya sendiri.

Sirkulasi udara yang baik

Usahakan kamar Si kecil punya jendela yang menghadap ke timur, sehingga ketika pagi hari ruangan bisa terkena cahaya matahari pagi yang hangat. Masuknya cahaya matahari di pagi hari penting Moms, untuk membunuh bakteri yang ada di dalam ruangan dan menjaga agar ruangan tidak lembab. Jendela juga berfungsi untuk sirkulasi udara yang lancar, bukalah jendela pada pagi hari agar udara segar bisa masuk. Kalau takut Si kecil akan terlalu dekat dengan jendela yang terbuka, Moms dan Dads bisa memasang teralis besi di jendela bagian dalam sehingga jendela bisa dibuka dengan aman.

Ruangan yang childproof

Childproof artinya adalah penataan ruangan yang aman untuk Si kecil menjelajahi tanpa ada resiko yang berbahaya. Misalnya dengan meletakkan barang-barang di dalam lemari terkunci atau di ketinggian di mana Si kecil tidak bisa meraihnya. Sebaiknya gunakan perabotan yang dari bahan plastik dan berujung tumpul karena perabotan kayu akan terlalu keras sehingga lebih sakit jika Si kecil terbentur. Lapisi lantai dengan karpet yang lembut, tapi juga jangan lupa untuk rutin menyedotnya dari debu. Moms dan Dads juga bisa memasang pagar childproof di pintu sehingga pintu bisa tetap dibuka untuk memudahkan pengawasan tapi Si kecil tidak bisa bebas keluar dari kamar.

Tata letak kelistrikan

Baca Juga

Tips Si Kecil yang Baru Lahir Bisa Tidur dengan Aman dan Nyaman

Kiat Mengajarkan Anak Sopan Santun Di Tempat Umum

Kiat Memilih Popok Bayi Baru Lahir

Si kecil yang penuh rasa ingin tahu pasti juga tertarik ketika melihat kabel-kabel yang ada di ruangan. Tatalah kabel listrik agar letaknya tersembunyi dan tidak bisa dimainkan oleh si kecil. Gunakan soket listrik yang berpenutup atau letaknya tinggi sehingga jari-jari Si kecil tidak bisa masuk. Selain memasang lampu utama, Moms dan Dads juga bisa memasang lampu meja yang lebih redup agar Si kecil bisa lebih nyenyak. Bisa juga dengan memasang lampu dengan gambar-gambar yang berputar yang dapat membantu Si kecil tertidur lebih cepat.