Keterlibatan Dads dalam Pengasuhan Bisa Membuat Si Kecil Lebih Berprestasi

Merries Insight
06 Mei 2016
Umum
Share
Keterlibatan Dads dalam Pengasuhan Bisa Membuat Si Kecil Lebih Berprestasi

Selain berkewajiban untuk memberikan kecukupan nafkah, sebagai ayah, anda pun punya kewajiban untuk membantu ibu dalam mengasuh dan membesarkan anak. Dengan pola dan pengasuhan yang baik, si kecil nantinya bisa tumbuh maksimal sesuai dengan perkembangan usianya.

Bahkan lebih dari itu, seperti dilansir dalam dailymail, sebuah penelitian yang dilakukan di Oxford University, menyatakan jika anak yang dibesarkan dengan campur tangan ayahnya, berpeluang besar menjadi anak yang lebih percaya diri, berprestasi dan cerdas.

Penelitian ini dilakukan terhadap 129 keluarga di Amerika Serikat, dimana setiap keluarga memiliki cara pengasuhan yang berbeda, dan di golongkan dalam dua kelompok, yakni kelompok pertama pengasuhan dengan melibatkan ayah, dan pengasuhan yang tidak melibatkan ayah secara langsung/

Hasilnya cukup menakjubkan, para peneliti menyimpulkan, anak yang dibesarkan dengan campur tangan ayahnya, cenderung punya perilaku yang baik, lebih peduli dan percaya diri. Hal ini pun berlaku untuk tingkat kecerdasan si kecil, baik kecerdasan secara emosional ataupun akademis.

Kenapa bisa seperti itu. Apakah Ibu nggak bisa merawat anak?

Tentu saja tidak. Kondisi ini terjadi karena Ibu merupakan sosok yang lebih banyak berinteraksi dengan si kecil. Bahkan interaksi mereka sudah dimulai sejak si kecil masih berada dalam kandungan. Hal ini berbeda dengan ayah yang baru saling berkenalan secara langsung ketika si kecil baru lahir.

Dengan kata lain, kedekatan antara si kecil dan Ibunya, merupakan kedekatan yang standar. Nah, ketika ayah mulai ikut campur dalam mendidik dan membesarkannya, ini akan jadi hal yang sangat spesial. Seolah nilai tambah untuk hal yang biasa saja.

Karena nilai tambah inilah si kecil secara psikologi merasa lebih aman dan nyaman, hingga akhirnya kondisi ini akan membuat mereka lebih percaya diri. Secara beruntun, ini akan menimbulkan efek domino terhadap prestasi akademik, kecerdasan emosional, dan lainnya.

Walau begitu, para peneliti menyatakan jika hasil penelitian ini tidak mutlak. Pasalnya, kualitas asuh Dads dan Moms pun harus diperhitungkan. Nah, bagaimana dengan anda Dads, sudahkah menjelma menjadi sosok ayah yang mampu memberikan pengasuhan secara maksimal?