Ketahui Risiko Kekurangan Yodium Saat Hamil

Merries Insight
13 Agustus 2014
Tumbuh Kembang
Share
Ketahui Risiko Kekurangan Yodium Saat Hamil

Yodium merupakan senyawa yang mengandung garam. Banyak manfaat yang terdapat dalam sumber gizi mikro yodium. Mengkonsumsi yodium menjadi salah satu sumber gizi yang penting Moms. Sebagai gizi mikro, yodium memiliki peranan penting bagi perkembangan janin. Moms tidak boleh menghindari atau mengkonsumsi dalam jumlah sedikit yodium. Kandungan yodium adalah gizi yang sehat baik bagi Moms dan calon bayi Moms. Menghindari yodium sama saja menjadikan calon bayi tumbuh kurang sempurna.

Mengetahui pengaruh kekurangan yodium untuk Moms saat hamil sangat penting. Sebelum menyesal di kemudian hari, maka berikut ulasan gangguan yang akan diderita Moms yang kurang yodium:

  1. Perkembangan neurologi pada janin Moms kurang optimal. Pertumbuhan fisik menjadi terganggu karena Moms kekurangan yodium saat hamil.
  1. Menurut seorang peneliti dalam sebuah media menyebutkan kekurangan yodium saat hamil akan membuat calon bayi Moms lambat dalam membaca.
  1. Tahapan tumbuh dan kembang janin menjadi terganggu. Dampak intelektual atau IQ yang terlihat jelas ketika calon bayi lahir. Menurut seorang guru besar Teknologi Pangan IPB, Profesor MadeAstawan dalam salah satu media menegaskan Moms yang tidak mengkonsumsi yodium saat hamil, maka calon bayi mengalami penurunan IQ dalam lima sampai sepuluh tingkatan.
  1. Menjadi berbahaya karena calon bayi Moms menjadi rentan terserang risiko darah tinggi ketika tumbuh dewasa.

Mengetahui risiko kekurangan yodium menjadi peringatan keras bagi setiap Moms saat hamil. Memilih konsumsi makanan dengan kandungan yodium tercukupi menghilangkan risiko buruk untuk calon bayi. Pertumbuhan dan perkembangan janin di kandungan Moms menjadi semakin sehat.