Kenapa Mata Bayi yang Baru Lahir Berair dan Lengket?

Merries Insight
13 Juli 2016
Umum
Share
Kenapa Mata Bayi yang Baru Lahir Berair dan Lengket?

Mata lengket dan berair sering dialami oleh ai Kecil yang baru lahir. Gangguan tadi tak jarang membuat mereka kesulitan untuk membuka mata. Sebenarnya, Moms tidak perlu mencemaskan hal ini, sebab hal ini masih tergolong wajar. Selain itu, kelenjar air mata pada si Kecil juga belum berfungsi secara utuh dan menyebabkan matanya berair serta lengket. Meski demikian, Moms juga harus mengetahui faktor yang menyebabkan gangguan tersebut dan cara mengatasinya.

Berikut ini ada tiga faktor penyebab mata lengket dan berair pada Si Kecil.

Infeksi Saat Melahirkan

Infeski yang terjadi saat Moms sedang bersalin bisa menjadi salah satu pemicu mata berair dan lengket. Bagaimana infeksi tadi bisa muncul? Biasanya karena kualitas kesehatan Moms yang bermasalah. Misal, kondisi organ kewanitaan yang sedang tidak sehat dan mempengaruhi si Kecil. Mata lekat pada si Kecil umumnya mengeluarkan cairan kuning atau kehijauan. Pada tingkat yang lebih parah, mata bisa merah hingga membengkak.

Kontaminasi Persalinan

Kontaminasi yang terjadi saat Moms melahirkan ternyata memberi dampak terhadap penglihatan si Kecil. Air ketuban dan darah yang terkena tubuh si Kecil akan membuat matanya tampak kecokelatan kendati tidak berbau. Meski demikian, Moms harus segera membersihkannya supaya gangguan tidak kian parah dan berkonsultasi dengan dokter. Pastikan Moms melakukan pembersihan tadi di bawah pengawasan agar kondisi si Kecil tidak semakin parah.

Kelainan Secara Anatomis

Gangguan secara anatomis bisa menyebabkan mata si Kecil berair dan lengket. Hal tadi dikarenakan sumbatan air mata di bagian hidung dengan saluran penghubung. Kemudian, kotoran pun menumpuk dan menempel sampai menyebabkan mata si Kecil lengket hingga berair. Biasanya, mata si Kecil akan belekan saat dia bangun tidur d pagi hari. Moms bisa membersihkannya secara hati-hati atau membawa si Kecil ke dokter untuk perawatan lebih lanjut.

Setelah mengetahui faktor penyebab mata lengket dan berair pada si Kecil, sekarang Moms dan Dads pun perlu mengenal metode pencegahan gangguan tersebut seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  • Sebelum membersihkan mata si Kecil, pastikan tangan Moms dan Dads bersih dari kotoran. Mandi jadi salah satu cara untuk mengatasi belekan tersebut;
  • Selain bersih dari kotoran, Moms dan Dads juga harus membersihkan kotoran tadi dengan kain lembut atau kapas;
  • Cara membersihkan mata si Kecil yang tepat adalah dengan menyeka dari bagian tengah sampai bagian luar matanya secara perlahan dan hati-hati;
  • Tindakan pencegahan dapat dilakukan dengan menjauhkan si Kecil dari sumber polusi udara. Selain itu, Moms juga harus rutin memberikannya ASI agar kekebalan tubuhnya meningkat. Sehingga si Kecil pun terhindar dari mata lengket dan berair.