Kenalkan Alat Musik Tradisional Kepada Si Kecil

Merries Insight
07 September 2016
Tumbuh Kembang
Share
Kenalkan Alat Musik Tradisional Kepada Si Kecil

Musik merupakan media yang paling baik yang bisa Moms dan Dads pilih untuk melatih kreatifitas Si Kecil. Dengan musik, Si Kecil juga akan dapat terlatih kepekaannya. Hal ini disebabkan, untuk bisa memainkan musik dengan baik, dibutuhkan rasa dan perasaan yang dalam. Sayangnya, banyak orang tua sekarang, mengenalkan musik pada Si Kecil melalui alat musik modern. Sebut saja, piano, gitar, biola dan sejenisnya. Padahal, Moms perlu tahu, Indonesia mempunyai banyak alat musik tradisional yang tidak kalah kerennya daripada alat musik modern tersebut. Jadi, kenalkan ini pada Si Kecil.

Mengapa? Alasannya sederhana, ini adalah usaha untuk melestarikan budaya asli Indonesia. Tapi, yang paling penting, Si Kecil akan mendapatkan banyak manfaat. Manfaat pertama tentu saja adalah Si Kecil akan dapat mengenal budaya dari negeri dimana mereka lahir. Ini bisa membuat Si Kecil lebih cinta terhadap Indonesia. Ini juga cara jitu yang bisa Moms lakukan untuk memupuk jiwa nasionalisme dan patriotisme dari Si Kecil.

Tapi, tidak hanya itu saja. Alat musik tradisional juga penting karena mempunyai arti yang mendalam. Alat musik tradisional seperti gamelan, angklung, sasando dan sejenisnya tercipta dengan nilai-nilai luhur budaya setempat. Hal ini bisa dipelajari Si Kecil sehingga Si Kecil juga dapat berperilaku baik sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Yang menarik, Si Kecil mendapatkan ini hanya dengan memainkannya. Biasanya, bila Si Kecil belajar memainkan alat musik tradisional, sang guru yang mengajari juga mengajarkan makna-makna dari memainkan alat-alat musik tersebut.

Lalu apakah Si Kecil harus Moms masukkan ke sanggar kesenian agar kenal dengan alat musik tradisional ini? Itu juga bisa Moms lakukan dan jadi cara mudahnya. Tapi, untuk mulai memperkenalkan Si Kecil pada alat musik tradisional, Moms juga bisa melakukannya dengan mengajak Si Kecil ke museum. Perlihatkan alat-alat musik tradisional yang dipamerkan disitu.

Bisa juga, Moms mengajak Si Kecil melihat pertunjukan budaya yang menggunakan banyak alat musik tradisional. Atau, untuk cara yang paling praktis, ajak Si Kecil menjelajahi dunia maya untuk membaca berbagai artikel tentang alat musik tradisional. Bisa juga dengan menonton video online yang menampilkan pertunjukan dengan alat musik tradisional.

Jadi, jangan ragu untuk memperkenalkan Si Kecil pada alat musik tradisional. Banyak manfaatnya untuk perkembangan Si Kecil. Dan, yang terpenting, ini adalah salah satu usaha untuk melestarikan kebudayaan asli Indonesia.

Baca Juga

8 Kebiasaan Tradisional Unik Seputar Bayi

Tidak Melulu Antibiotik, Coba Berikan Obat Tradisional

Kepercayaan Tradisional Seputar Bayi