Kenali Mainan si Kecil di Halaman Sekolahnya Moms!

Kenali Mainan si Kecil di Halaman Sekolahnya Moms!

Di halaman sekolah si kecil, Moms tentu melihat ada banyak pilihan wahana permainan yang dapat digunakan oleh anak-anak untuk bermain. Sebagai orangtua yang baik, Moms tentu wajib untuk mengenali mainan-mainan yang ada di sana. Berikut ini adalah beberapa mainan yang biasanya dijumpai di halaman sekolah si kecil.

Papan Seluncur

Sejumlah sekolah menawarkan permainan ini dengan bentuk bangunan tinggi bertingkat. Permainan ini akan membuat si kecil merasa seolah-olah meluncur dari bangunan bertingkat. Mainan tersebut lebih aman bila terbuat dari fiber karena anti karat sehingga aman untuk si kecil. Biasanya di ujung bawah dilengkapi dengan pasir supaya si kecil tidak sakit saat terjatuh. Permainan ini akan melatih motorik kasar, kelenturan, dan keseimbangan tubuh si kecil.

Mangkok Putar

Permainan ini banyak digemari si kecil karena dapat digerakkan lewat kemudi yang ada di tengah. Mainan tersebut terbuat dari besi. Bila besi berkarat, tentu permainan itu sudah tidak dapat digunakan. Pintu masuk dan keluarnya hanya satu untuk mencegah anak terlempar keluar saat permainan ini berputar dengan cepat. Permainan mangkok putar melatih keseimbangan tubuh, bodily kinesthetic, imajinasi, dan melatih kecerdasan spasial ketika si kecil mengemudikan kemudi.

Ayunan

Baca Juga

Kapan sih waktu yang paling tepat untuk memberikan mainan pada Si Kecil? Share yuk pendapat Moms!

Pentingkah Si Kecil Mengikuti Ekstrakurikuler di Sekolahnya?

Si Kecil Sering Mengeluhkan Guru di Sekolahnya? Pakai Cara Ini untuk Menganggapinya

Ayunan terdiri dari dua macam yakni ayunan berpenumpang banyak dan berpenumpang satu. Kedua jenis ayunan tersebut menawarkan manfaat yang sama. Ayunan berpenumpang satu dapat dimainkan oleh anak dengan usia 3-4 tahun. Sementara itu ayunan berpenumpang banyak dapat dimainkan oleh anak usia 2 tahun ke atas. Tali yang digunakan untuk ayunan harus sangat kuat. Ayunan dapat membantu menstimulasi motorik kasar, interpersonal ketika si kecil belajar bergantian, intrapersonal untuk hal keberanian, dan kinestetik tubuh.

Jungkat Jungkit

Permainan yang satu ini sangat menghibur karena si kecil akan merasa terbang sesaat saat berada di titik tertinggi mainan itu. Oleh sebab itu, komponen bagian tengah harus dipastikan sungguh-sungguh untuk membuat jungkat jungkit dapat naik turun dengan mulus. Mainan tersebut dapat melatih keseimbangan, motorik kasar, tubuh kinestetik, percaya diri, dan keberanian intrapersonal.

Papan Titian

Permainan ini berbentuk mirip jembatan tanpa pegangan di mana si kecil dapat berjalan dan mengandalkan keseimbangan tubuhnya agar dapat berjalan dengan tegak dan tidak jatuh. Biasanya papan titian terbuat dari fiber. Manfaat permainan ini adalah untuk melatih intrapersonal untuk hal keberanian, melatih keseimbangan, dan melatih kinestetik tubuh.

Baca Juga

Mainan-mainan Ini Bisa Merangsang Sensorik Si Kecil

Pentingkah Si Kecil Mengikuti Ekstrakurikuler di Sekolahnya?

Kapan sih waktu yang paling tepat untuk memberikan mainan pada Si Kecil? Share yuk pendapat Moms!

Monkey Bar

Permainan ini dapat digunakan sebagai tempat bergelantungan untuk si kecil. Bentuk yang banyak dijumpai adalah setengah lingkaran dengan pegangan terbuat dari besi. Manfaat permainan ini adalah untuk melatih keberanian, kinestetik tubuh, dan keseimbangan.