Kenali Bagaimana Lingkungan yang Baik Bagi Si Kecil

Kenali Bagaimana Lingkungan yang Baik Bagi Si Kecil

Seorang pakar psikolog dan ahli jiwa asal Amerika Serikat, Dr Stephen Duncan, menyatakan jika semua orang pada dasarnya memiliki prilaku yang baik. Tetapi, orang tua dan lingkungan yang kemudian akan menempa si kecil untuk kemudian memiliki karakternya sendiri.

Dengan kata lain, Duncan seolah ingin menyatakan jika orang tua dan lingkungan merupakan ujung tombak dari tumbuh kembang serta sistem pendidikan anak. Jika didikan orang tua baik, dan lingkungan pun mendukung, maka kemungkinan besar si anak pun akan menjelma menjadi dengan prilaku positif.

Lantas, bagaimana cara mengenali lingkungan yang baik untuk perkembangan anak?

Hal yang harus orang tua perhatikan adalah, memastikan jika Moms memberikan pendidikan yang baik untuk anak anda, terutama dalam hal pendidikan budi pekerti. Duncan menyatakan jika gerbang perkembangan prilaku anak adalah perhatian dan pendidikan yang Moms berikan.

Setelah itu, maka lingkungan yang kemudian akan membentuk karakternya. Lebih jauh lagi, Duncan menyatakan jika lingkungan yang baik untuk perkembangan prilaku anak adalah, lingkungan yang dekat dengan pusat pendidikan, baik itu pendidikan formal atau pendidikan non fromal.

Setelah pusat pendidikan, lihat juga bagaimana lingkungan sekitar dalam bersosialisasi. Anak yang besar dalam lingkungan sosial yang baik, akan cenderung memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan memiliki rasa empati yang sangat baik.

Baca Juga

Merries Luncurkan Program Senyumkan Lingkungan melalui Gerakan Mengolah Popok Bayi Bekas Pakai Untuk Masa Depan Lingkungan

Bagaimana Posisi Duduk yang Baik untuk Ibu Hamil?

Kenali Cara Pijat Bayi Untuk Tumbuh Kembang yang Lebih Baik

Perhatikan juga tersedianya sarana keagamaan. Bagaimanapun juga, tidak bisa dipungkiri jika agama merupakan hal yang utama dalam pembentukan karakter seorang anak. Dengan pendidikan agama, si anak akan di kenalkan dengan konsep ketuhanan, dan konsep pembeda surga neraka dan lainnya.

Selain itu, dengan pendidikan agama pun si kecil akan bisa membedakan mana yang salah dan mana yang benar, lengkap dengan konsekuensi yang akan dia dapatkan ketika melakukannya. Dengan begitu, pendidikan si kecil akan komplit, karena selain ditempa dengan pendidikan formal, anak pun ditempa dengan pendidikan agama yang baik.

Nah, bagaimana dengan Moms sendiri? Sudahkan memberikan lingkungan yang baik untuk perkembangan karakter si kecil?