Jumlah Anak Obesitas Mengalami Peningkatan

Merries Insight
12 Februari 2015
Umum
Share
Jumlah Anak Obesitas Mengalami Peningkatan

Sekedar informasi, jumlah anak dengan masalah kelebihan berat badan jumlahnya meningkat. Informasi ini kiranya menjadi motivasi bagi moms untuk dapat lebih memperhatikan lagi asupan nutrisi yang Anda berikan pada si kecil. Nutrisi yang diberikan pada anak sebaiknya jangan berlebihan, melainkan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Yang dimaksud dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang adalah nutrisi yang memiliki gizi lengkap 4 sehat 5 sempurna dan porsi yang tepat untuk anak sesuai dengan usianya.

Data WHO menyebutkan bahwa pada tahun 2010 saja anak dengan obesitas berjumlah 43 juta anak (usia di bawah 5 tahun). Dan hampir 35 juta diantaranya adalah anak-anak yang hidup di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Sedang 8 juta lainnya adalah anak-anak yang hidup di negara-negara maju.

Dr. Damayamti Rusli Sjarif, SpA (K) mengatakan bahwa anak dengan obesitas mempunyai risiko terserang penyakit jauh lebih besar bila dibandingkan dengan anak-anak yang memiliki berat badan ideal. Bahkan anak-anak obesitas berisiko lebih tinggi teserang penyakit-penyakit berat di usia muda. Penyakit-penykit yang sering dikaitkan dengan masalah berat badan yang berlebih antara lain penyakit jantung dan kanker. Satu-satunya untuk menghindari obesitas pada anak-anak adalah dengan melakukan aksi pencegahan. Pencegahan tentunya perlu dilakukan oleh Anda para moms karena Anda yang memberi nutrisi pada anak-anak Anda. Berikan nutrisi-nutrisi yang tepat dan baik untuk si kecil dan pantau terus berat badan si kecil. cocokan berat badan si kecil dengan usianya. Tanyakan pada bidan setempat tentang list berat badan ideal pada anak sesuai dengan usianya.

Berikut beberapa tips cegah obesitas, dilihat dari pemberian jenis makanan:

  • Beri anak makanan yang sehat, khususnya buah-buahan dan sayuran. Batasi konsumsi buah yang banyak mengandung gula tinggi seperti buah durian. Alpukat sangat baik untuk pertumbuhan anak, tapi jangan diberi gula, susu, es krim, atau sirup ya.
  • Hindari memberi si kecil makanan yang banyak mengandung lemak jahat seperti gorengan.
  • Batasi porsi makanan si kecil. pastikan porsi makanan yang moms sajikan pas untuk si kecil.
  • Hindari memberi si kecil camilan yang tidak sehat seperti ku-kue manis dan minuman yang banyak mengandung gula seperti minuman sirup, es krim, dan softdrink.
  • Ajarkan anak untuk berolahraga terutama olahraga-olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang, atau jogging.