Jangan Umbar Janji-Janji Kosong Seperti Di Film-Film Dad!

Merries Insight
09 Januari 2016
Umum
Share
Jangan Umbar Janji-Janji Kosong Seperti Di Film-Film Dad!

Dads tentunya sering melihat film yang memperlihatkan sebuah situasi dimana seorang ayah saking sibuknya, tak bisa menepati janjinya sendiri terhadap si kecil. Disusul dengan si kecil yang marah dan merajuk. Janji-janji tersebut biasanya sederhana, Dads. Mulai dari membawakan hadiah natal, sampai dengan datang ke pentas sekolah si kecil.

Tapi justru hal-hal sederhana ini yang kalau dilanggar berpotensi merusak hubungan antara Dads dan si kecil. Bahkan bisa mempengaruhi kondisi psikisnya!

Menimbulkan Sifat Tercela

Menurut psikolog Dra. Marti Alifa Fauzia, karena orangtua adalah sumber belajar terdekat seorang anak, mereka otomatis akan belajar dan meniru apa-apa saja yang diperbuat dan dilakukan oleh orangtuanya. Baik itu Dads ataupun Moms. Jika Dads sering melanggar janji pada si kecil, lambat laun si kecil akan belajar kalau melanggar janji itu adalah sesuatu yang lumrah dilakukan.

Bukan hanya itu, Dads!

Si kecil tentunya akan merasa sakit hati, tidak dihargai dan dikhianati oleh Dads. Ia akan menganggap kalau sebuah janji adalah janji belaka. Hal ini akan berakibat munculnya kecenderungan untuk tidak mudah mempercayai orang lain. Dads pun akan kehilangan rasa hormat darinya. Bahkan di kasus-kasus terparah, si kecil malah akan belajar berbohong dan beberapa perilaku tercela lainnya, Dads. Kalau sudah begini, akan susah untuk menasihatinya karena si kecil sudah terlanjur memandang Dads Sebagai figur yang tak perlu dihormati karena kata-katanya tak bisa dipegang.

Pikir-pikir Sebelum Berjanji

Anak adalah pengingat yang luar biasa, Dads. Sekali Dads menjanjikan sesuatu, anak akan terus menagih dan meminta hingga janji tersebut terlaksana. Karena itu, baik Dads maupun Moms baiknya berpikir dua kali terlebih dahulu sebelum menjanjikan sesuatu pada si kecil. Jikalau hal yang akan dijanjikan terasa sulit, lebih baik jangan memberikan janji apa-apa.

Kalau memang janji tersebut mesti batal, segera beri dia pengertian kenapa janji tersebut batal, Dads. Dan beri dia alternatif yang kira-kira bisa dilakoni oleh Dads dan dirinya.

Semoga bermanfaat ya, Dads!