Jangan di Dalam Rumah Saja, Yuk Moms Ajak Si Kecil Main di Luar

Jangan di Dalam Rumah Saja, Yuk Moms Ajak Si Kecil Main di Luar

Melihat si kecil tumbuh dan berkembang sesuai tahap usianya tentu sudah menjadi keinginan dari setiap orangtua. Banyak hal yang dapat Moms lakukan untuk mendukung proses tersebut, di antaranya adalah memberikan makanan bergizi dan bernutrisi serta memberinya stimulasi. Tahukah Moms bahwa mengajak si kecil bermain di luar rumah ternyata merupakan salah satu bentuk stimulasi tersebut?

Melakukan kegiatan di luar ruangan dapat membantu pertumbuhan si kecil baik secara psikis maupun fisik. Namun kebanyakan anak-anak saat ini lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk bermain gadget atau menonton TV. Mereka dapat menghabiskan waktu hingga berjam – jam di depan layar.

Sebagai dampaknya, si kecil menjadi jarang melakukan kegiatan fisik yang menyehatkan.

Sekarang ini, sekitar 60 persen orangtua ternyata justru menyediakan gadget untuk sarana bermain sehari-hari si kecil. Alasan mereka membiarkan si kecil bermain gadget adalah karena mereka sudah terlalu lelah untuk menemani si kecil bermain atau ingin agar si kecil bermain di dalam rumah. Faktanya, untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya, si kecil memerlukan waktu sekitar 30-60 menit setiap hari untuk melakukan kegiatan yang menyehatkan.

Moms harus ikut berperan dalam mendampingi si kecil bermain. Ia akan merasa tenang saat melihat Moms menemaninya melakukan berbagai kegiatan yang ia sukai. Jadi mulai sekarang cobalah untuk menjadikan kebiasaan ini sebagai kebiasaan yang lebih menyehatkan untuk si kecil. Jika Moms memang menginginkan pertumbuhan si kecil optimal, mulailah meluangkan waktu untuk menemaninya melakukan aktivitas tersebut.

Lakukan aktivitas bermain yang sesuai untuk si kecil. Temani ia saat beraktivitas. Jangan ragu untuk mengajak si kecil bermain di luar karena sebenarnya adalah banyak sekali aktivitas seru yang dapat Moms lakukan dengan si kecil. Contohnya, Moms dapat mengajaknya berolahraga seperti berenang, bersepeda, atau hanya sekedar jalan-jalan di lingkungan sekitar rumah. Bahkan bermain layang-layang juga dapat menjadi pilihan yang menyenangkan.

Baca Juga

4 Tips Aman Menyusui di Luar Rumah

Aturan Anak Ajak Teman Main ke Rumah

Tips Agar Si Kecil Tetap Sehat Walau Bermain di Luar Rumah

Kegiatan tersebut selain seru juga dapat memberikan quality time untuk si kecil dengan Moms dan Dads. Aktivitas seru yang lain adalah mengajak si kecil pergi piknik ke kebun binatang atau pantai. Kedua aktivitas tersebut sama – sama mampu mengajarkan kecintaan alam. Ia juga dapat mengenal makhluk hidup dan lingkungan sekitar.

Jadi jika selama ini Moms selalu melarang si kecil bermain di luar rumah dan hanya memintanya berada di dalam rumah, mulai sekarang yuk ubah kebiasaan tersebut. Tentunya Moms ingin pertumbuhan dan perkembangan si kecil berjalan optimal bukan?