Inilah Alasan Kenapa Moms Perlu Menjaga Asupan Gizi Selama Kehamilan!

Merries Insight
11 Januari 2016
Umum
Share
Inilah Alasan Kenapa Moms Perlu Menjaga Asupan Gizi Selama Kehamilan!

Moms, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan maka akan meningkat pula kebutuhan gizi serta nutrisi yang Moms butuhkan. Begitu juga ketika Moms memasuki usia kehamilan tri semester kedua atau dapat dikatakan memasuki minggu ke-20 kehamilan Moms. Sehingga asupan gizi selama kehamilan harus terus dijaga ya Moms.

Asupan gizi selama kehamilan harus menjadi perhatian utama sebab berkaitan erat dengan keadaan janin dalam kandungan ya Moms. Pada kehamilan dua minggu janin akan mengalami pertumbuhan yang begitu signifikan ya, Moms. Utamanya mengalami perkembangan pada bagian otak serta syaraf penyusunnya.

Berbagai riset yang telah ada, kecukupan gizi selama masa hamil akan menjadi faktor penting dalam menjaga kesehatan si kecil dalam kandungan. Kebutuhan gizi yang harus diberikan selama kehamilan memiliki dampak yang sangat besar bagi janin dalam kandungan. Ada banyak dampak yang akan dialami si kecil terkait dengan pemenuhan gizi selama Moms hamil.

Ada dampak jangka panjang dan dampak jangka pendek yang akan dialami oleh janin dalam kandungan Moms. Untuk jangka pendek, gizi tinggi sangat dibutuhkan dalam membantu perkembangan otak pada janin. Selain itu, asupan gizi selama kehamilan memiliki pengaruh besar pada proses pertumbuhan dan penyusunan bagian-bagian tubuh janin. Tidak hanya itu saja, asupan nutrisi dan gizi yang Moms cerna akan membawa dampak pada proses metabolisme janin dalam kandungan.

Sedangkan untuk jangka panjang, asupan gizi selama kehamilan akan membawa dampak jangka pendek bagi janin. Perlu Moms ketahui bahwa perkembangan kecerdasan si kecil tidak begitu saja terjadi. Asupan gizi selama kehamilan akan menjadi salah satu penentu kecerdasan si kecil. Tidak hanya itu ya Moms, nutrisi dan gizi yang seimbang yang dikonsumsi Moms saat hamil akan membantu pembentukan sistem imun dan kekuatan fisik si kecil nantinya.

Dengan adanya dampak penting asupan gizi selama kehamilan terhadap janin maka wajar jika Moms harus memperhatikan asupan nutrisi dan gizi yang akan memasuki tubuh Moms. Apalagi setelah mengetahui beberapa dampak atau fakta yang terjadi pada janin ketika usia kehamilan minggu ke-20 terkait dengan asupan gizi Moms.

Oleh karena itu, Moms harus benar-benar memperhatikan asupan gizi selama kehamilan untuk dapat menjadikan bayi tumbuh sehat dalam kandungan. Selain itu, Moms juga harus perhatikan berat idealnya. Berat badan Moms ketika hamil idealnya mengalami peningkatan antara 12 hingga 15 kg.

Namun kendalanya, terkadang Moms hamil mengalami morning sickness yaitu keadaan mual dan muntah sehingga berpengaruh pada pola asupan makanan. Biasanya Moms akan enggan makan. Keadaan tersebut tidak boleh Moms biarkan berlanjut ya. Moms harus tetap memenuhi asupan si kecil dalam kandungan agar dapat tumbuh dan berkembang secara sempurna.

Supaya asupan gizi selama kehamilan tetap terpenuhi, Moms bisa lakukan tips mengatasi mual tersebut. Moms bisa meminum minuman hangat saat bangun pagi. Moms juga dapat mengkonsumsi teh atau air perasan jeruk hangat sebelum sarapan untuk mengurangi rasa mual. Selain itu, hindari makan makanan yang berbau tajam dan juga makanlah makanan dalam porsi kecil tetapi sering.