Ini yang Terjadi Jika Anda Menyerahkan Si Kecil Sepenuhnya Kepada Pengasuh

Merries Insight
23 Januari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Ini yang Terjadi Jika Anda Menyerahkan Si Kecil Sepenuhnya Kepada Pengasuh

Di zaman sekarang ini sudah menjadi hal yang lumrah jika seorang wanita menjadi pekerja, termasuk yang sudah menjadi seorang ibu. Bahkan banyak di antaranya yang bekerja di luar rumah dengan waktu yang cukup lama. Hal ini membuat para wanita yang juga ibu rumah tangga meninggalkan anaknya untuk beberapa waktu di rumah. Apakah Moms adalah salah satunya?

Moms, kondisi seperti ini memang akan terasa lebih mudah jika di rumah ada keluarga seperti nenek, kakek, atau kerabat lain yang bisa membantu menjaga si kecil saat Moms pergi bekerja. Namun, jika tidak ada seorang pun yang bisa menjaga si kecil, memperkerjakan pengasuh adalah salah satu jalan yang bisa dilakukan. Cara menyerahkan si kecil pada pengasuh ini tetap ada dampak positif dan negatifnya, Moms. Perlu diketahui, bahwa tipe pengasuhan yang diberikan oleh pengasuh sangatlah berbeda dengan pengasuhan oleh seorang ibu, Moms. Bagaimana pun pola pengasuhan terhadap si kecil sangat mempengaruhi perkembangan dan pembentukan sifat si kecil kelak.

Pada umumnya, pengasuh biasanya bertugas untuk mengawasi, mengasuh, membimbing, dan memberikan kasih sayang. Hal ini bisa menjadi dampak positif yang Moms dan kecil rasakan. Moms tidak perlu khawatir saat meninggalkan si kecil untuk bekerja karena ada pengasuh yang menjaga dan mengasuhnya. Moms juga bisa memberikan peraturan apa saja yang boleh dan tidak boleh pengasuh lakukan. Selain itu, dengan menggunakan pengasuh, si kecil tidak akan merasa kesepian karena tetap mempunyai teman bermain dan berbagi walau orang tuanya sedang bekerja. Si kecil juga akan tetap merasakan bimbingan setiap hari dari pengasuh sepanjang masa perkembangannya.

Namun, walaupun dengan menggunakan pengasuh Moms bisa mendapatkan hal-hal tersebut, tetap ada lho dampak negatif yang sangat perlu Moms ketahui untuk menjadi pertimbangan. Kondisi si kecil yang sedang dalam masa perkembangan bisa jadi lebih dekat atau “lengket” dengan pengasuhnya daripada orang tuanya sendiri. Hal ini dikarenakan waktu-waktu si kecil lebih banyak dihabiskan bersama pengasuhnya. Si kecil sering diajak bermain bersama sehingga ia akan lebih senang berada bersama pengasuhnya.

Selain itu Moms, dengan menyerahkan si kecil sepenuhnya pada pengasuh akan membuat si kecil tenggelam dalam rutinitas yang sama karena pengasuh cenderung melakukan hal atau permainan yang itu-itu saja dengan si kecil. Dengan merasa selalu didampingi dan ditemani dengan pengasuh, si kecil juga bisa menjadi anak yang manja, malas, dan tidak mandiri. Hal ini disebabkan karena selama Moms tidak ada di rumah, si kecil akan selalu mengandalkan setiap bantuan pengasuh.

Dampak negatif lainnya yang perlu Moms waspadai adalah adanya perlakuan kasar atau kekerasan yang pengasuh lakukan terhadap si kecil. Hal ini bisa saja terjadi karena ia menganggap si kecil bukan anak atau keluarganya sendiri. Si anak bisa jadi takut dan perkembangannya terhambat jika mengalami hal seperti ini.

Baca Juga

Si Kecil Bertengkar? Ini Dampak Jika Anda Membelanya!

Bukan Hanya Ruam Popok, Berikut Bintik Merah yang Wajib Diwaspadai Jika Terjadi pada Si Kecil

Yang Terjadi pada Usia Kehamilan di Trimester Akhir

Nah Moms, itulah dampak positif dan negatif jika Moms menyerahkan si kecil pada pengasuh. Jika memang mengharuskan menggunakan jasa pengasuh, Moms perlu mengetahui calon pengasuh dengan baik sebelumnya. Selain itu, jangan lupa untuk tetap membangun kedekatan dengan si kecil saat selesai bekerja. Moms bisa mengajaknya bercerita saat malam hari dan menyempatkan diri untuk memandikan serta membuatkannya sarapan di pagi hari. Saat hari libur tiba, Moms bisa meluangkan waktu sepenuhnya untuk si kecil dan keluarga.