Ini Syarat-Syarat Si Kecil yang Masih Bayi Boleh Pakai Bedak

Merries Insight
07 Agustus 2016
Kesehatan
Share
Ini Syarat-Syarat Si Kecil yang Masih Bayi Boleh Pakai Bedak

Salah satu agenda wajib orang tua setelah memandikan si kecil adalah, membedakinya, dari mulai wajah, badan hingga kaki dan pantat. Walaupun begitu, membedaki bayi tak boleh dilakukan sembarangan lho Moms! Ada aturan wajib yang harus Moms penuhi sebelum Moms melakukannya.

Mau tahu apa saja? Berikut merupakan syarat wajib yang harus Moms penuhi ketika memutuskan untuk membedaki si kecil.

Pastikan Bebas Talk

Sebaiknya cari bedak yang bebas talk. Biasanya, dalam kemasan bedak tersebut tercantum kalimat free-talc. Kalau tidak ada tulisan tersebut, Moms bisa memastikannya dengan melihat informasi dasarnya di bagian komposisi bedak tersebut.

Biasanya, bedak bayi yang aman digunakan adalah, bedak dengan bahan dasar cornstarch atau dibuat dari jagung, gandum dan beras.

Perhatikan penggunaanya

Perhatikan cara penggunaan bedak dengan baik. Jika menggunakan bedak tabur, pertama letakan bedak di telapak tangan, kemudian usapkan secara merata ke seluruh tubuh bayi. Ingat, jauhkan bedak dari wajah si kecil untuk menghindari bedak terhirup.

Untuk mengurangi risiko terhirup, sebaiknya gunakan bedak krim. Bahkan di beberapa negara baru, produk bedak tabur untuk bayi sudah mulai menghilang, dan diganti dengan produk bedak krim.

Pastikan kulit sudah kering

Ketika akan mengganti popok atau setelah memandikan, pastikan dulu bagian tubuh si kecil sudah benar-benar bersih dan kering. Selain itu, hindari membedaki bagian pantat atau lipatan si kecil, pasalnya belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bedak bisa mencegah ruam.

Maka dari itu, khusus untuk bagian paha, pantat dan area lipatan lainnya, sebaiknya tidak memakai bedak. Lebih baik gunakan Merries, diapers berkualitas yang bisa menjamin kulit si kecil bebas iritasi karena Merriees dilengkapi dengan lapisan penyerap ganda yang bisa dengan cepat menyerap cairan lalu menguncinya di dalam sehingga kulit si kecil tetap kering dan bebas iritasi.

Jangan menaburkan di area kelamin

Belakangan ini berkembang isu yang menyatakan bedak bayi bisa menyebabkan kanker ovarium, terutama bedak yang masih menggunakan talk. Walaupun hingga kini isu tersebut masih belum terbukti secara klinis, tapi tidak ada salahnya kan Moms berhati-hati?

Moms, bedak punya banyak manfaat. Selain mampu menjaga kulit tetap segar dan lembut, bedak pun bisa digunakan untuk melindungi kulit dari gesekan dengan kain pakaian. So, gunakan dengan bijak ya!