Ini Peran Dads dalam Pendidikan Si Kecil

Merries Insight
05 Agustus 2016
Umum
Share
Ini Peran Dads dalam Pendidikan Si Kecil

Selama ini banyak sekali penelitian yang menyatakan jika peran serta seorang ayah dalam mendidik anak, memiliki dampak yang luar biasa bagi perkembangan si keci, salah satunya yang menyatakan jika anak yang diasuh oleh ayahnya (terlibat), cenderung lebih sukses dimasa depannya nanti.

Selain itu, penelitian lainnya menyatakan jika peran serta ayah dalam pengasuhan anak, secara langsung akan mempengaruhi kehidupan sosial, pencapaian cita-cita hingga prestasi akademik yang lebih gemilang ketimbang anak yang diasuh oleh ibunya, tanpa keterlibatan ayahnya.

Kenapa bisa seperti itu?

Seperti dilansir dalam parenting.com, kehadiran seorang ayah bagi anaknya ternyata akan menimbulkan rasa aman secara emosional, lebih percaya diri, serta menimbulkan keinginan si kecil untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya.

Bahkan dalam balita yang diasuh dengan keterlibatan ayahnya, akan cenderung memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah, sekaligus memiliki IQ yang lebih baik di usia yang ke-3 Tahun. Sedangkan di usia sekolah, mereka akan cenderung lebih percaya diri dan lebih berjaya dalam pelajaran.

Lantas, apa sih peran seorang ayah dalam pendidikan anaknya?

Secara garis besar, peran ayah dan ibu jauh berbeda. Mereka punya peran masing-masing, dimana kedua belah pihak akan saling melengkapi. Dengan kata lain, anak yang diasuh oleh ayahnya saja, tanpa keterlibatan ibu, sama hasilnya dengan anak yang diasuh ibu tanpa keterlibatan ayahnya.

Mengenai peran Dads sebagai ayah, Dads bertugas untuk lebih menyemangati si kecil dalam berkompetisi, mendukung pencapaian prestasi, serta menumbuhkan sikap kemandirian. Sedangkan untuk ibu sendiri lebih berperan dalam kerja sama, keadilan, dan keamanan.

Dalam hal bermain, seorang ayah lebih mampu menjadi teman bermain yang baik bagi anak-anaknya, di mana Dads memiliki kelebihan dalam interkasi yang lebih fleksible. Di sisi lain, dengan adanya seorang ayah, si kecil akan merasa lebih terlindungi, sehingga timbul sikap berani dalam dirinya.

Dalam hal ketegasan, jelas saja Dads lebih tegas ketimbang seorang ibu yang lebih banyak bertindak dengan hati. Hal inilah yang membuat pola pengasuhan ayah lebih cenderung menghasilkan anak yang tegas, mandiri dan disiplin.

Yang lebih penting, seorang ayah punya kestabilan emosi yang lebih baik. Hal inilah yang membuat kolaborasi cara mendidik Dads dan Moms, akan menghasilkan anak dengan mental yang kuat, lembut, disiplin dan memiliki pemikiran yang brilian.