Ini Manfaat Rutin Jalan Kaki Selama Masa Kehamilan

Merries Insight
25 Agustus 2016
Kesehatan
Share
Ini Manfaat Rutin Jalan Kaki Selama Masa Kehamilan

Dibanding dengan olahraga lainnya, jalan kaki merupakan olahraga yang sangat mudah dan murah. Untuk berjalan kaki, Moms bisa melakukannya dimana saja, termasuk di dalam rumah, taman belakang rumah atau kalau ingin lebih nyaman, mainkan ke taman kota atau ruang terbuka hijau lainnya.

Walaupun terlihat sepele, jalan kaki ternyata punya manfaat besar lho! bahkan sebuah penelitian menyatakan jika berjalan-jalan di taman tanpa alas kaki, mampu membuat seseorang lebih awet muda, bebas stress dan jauh dari keluhan kehamilan, seperti pegal-pegal, sakit punggung dan keluhan lainnya.

Selain itu, ternyata masih banyak lho manfaat lainnya yang bisa Moms rasakan jika rutin berjalan kaki selama masa kehamilan. Mau tahu apa saja Moms? Simak yuk!

  • Efektif mengurangi risiko keluhan secara umum selama hamil, termasuk sakit pinggang, kepala pusing, mood swing, dan gangguan selama kehamilan lainnya.
  • Mengurangi risiko diabetes, terutama diabetes gestasional yang menjadi salah satu ancaman terbesar Ibu hamil.
  • Mampu menyehatkan jantung dan paru-paru Moms, melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh terasa lebih segar.
  • Efektif untuk mengurangi stres fisik dan psikis selama masa kehamilan. Ini penting lho, stres bisa menular dan berisiko menyebabkan si kecil mengalami gangguan, termasuk cengeng dan sulit untuk berkonstrentrasi.
  • Mampu meningkatkan energi, dan menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, dengan volume paru-paru yang meningkat, Moms tidak akan lagi menderita kelelahan selama masa kehamilan.
  • Memudahakan persalinan normal, mengurangi efek rasa sakitnya dan sejumlah manfaat lainnya.

Disamping manfaat diatas, Moms pun akan merasa didukung dan senang karena bisa menghabiskan waktu bersama seluruh keluarga. Tentu saja ini sangat baik untuk. Bagaimanapun juga, dukungan suami dan orang-orang terdekat, merupakan harta yang luar biasa bagi ibu hamil.

Tapi Moms tidak bisa asal jalan saja lho! sebelum melaksanakan olahraga ini, ada baiknya pelajari dulu beberapa tips jalan kaki bagi ibu hamil dibawah ini:

  • Ketika jalan kaki, pastikan Moms benar-benar santai dan nikmati pemandangan yang ada. Tapi ingat, pastikan juga Moms tetap konsentrasi pada jalan yang dilewati.
  • Pastikan Moms memilih jalan dengan permukaan rata. Tidak perlu terlalu memaksakan melintasi jalanan yang permukaannya naik turun, cukup jalanan nyaman buat arena jalan kaki.
  • Sebaiknya pilih lokasi sekitar rumah atau tempat strategis, seperti taman kota atau ruang terbuka hijau. Yang dikhawatirkan, Moms terlalu capek atau perut tiba-tiba mulas karena ingin lahiran.
  • Walaupun asyik, sebaiknya jangan memaksakan diri. Kalau sudah merasa lelah, sebaiknya istirahat dulu, dan lanjutkan setelah badan kembali segar.
  • Pastikan Moms menggunakan alas kaki yang baik, ringan dan mampu mendukung kegiatan Moms dengan maksimal.
  • Bawa selalu bekal air minum. Ini penting lho, untuk mencegah Moms dehidrasi.

Moms, ternyata untuk mendapatkan kehamilan sehat itu sangat mudah bukan? Makanya, mulailah cintai diri Moms dan janin dalam kandungan dengan kegiatan sederhana tapi bermanfaat. Selamat berolahraga!