Ini Cara Jitu Agar Anak Suka Matematika

Merries Insight
29 November 2015
Kesehatan
Share
Ini Cara Jitu Agar Anak Suka Matematika

Moms masih ingat nggak pelajaran apa sih yang dianggap paling menyebalkan ketika sekolah dulu? Di nara semua mata pelajaran di sekolah, matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang paling membuat anak-anak takut. Bagaimana tidak, tingkat kesulitannya yang tergolong tinggi, membuat mereka malas untuk mempelajarinya lebih dalam.

Padahal kalau diselami lebih dalam, ternyata matematika termasuk pelajaran yang ramah lho! Dilansir odalan parenting, berikut merupakan trik jitu supaya anak-anak suka matematika dan tidak menganggapnya lagi sebagai cobaan terbesar dalam hidupnya.

Mengurutkan bilangan

Cobalah untuk belajar mengurutkan bilangan. Biasanya kegiatan ini akan dilakukan oleh anak-anak berusia 4 tahun. Pengurutan ini bisa dilakukan dari 1-10 dan seterusnya. Agar tidak terlalu membosankan, Moms bisa membuat lata peraga yang menyenangkan, seperti mainan dan lainnya.

Mencocokkan angka dengan jumlah benda

Cara menyenangkan lainnya adalah mencocokkan angka dengan jumlah benda. Caranya mudah, ketika Moms menyuruh si kecil menyebutkan angka 5, maka suruh si kecil untuk menuliskan nangka 5 terlebih dahulu, kemudian suruh si kecil untuk mengumpulkan 5 benda terdekatnya.

Penghitungan sederhana

Nah Moms, kita sudah masuk ke level yang lebih tinggi, yakni level perhitungan sederhana. Cara pengaplikasiannya sangat mudah kok, misalnya Moms kumpulkan 5 buah anggur, kemudian berikan 2 kepada si kecil, dan 3 lagi Moms yang pegang.

Setelah itu, suruh si kecil menghitung berapa anggur yang ada di tangannya, dan berapa anggur yang ada di tangan Moms, kemudian suruh si kecil untuk menggabungkan seluruh buah anggur tersebut, dan tanya berapa jumlahnya.

Sempoa

Selain dengan metode permainan sederhana, Moms juga bisa mengajarkan si kecil pelajaran matematika dengan menggunakan sempoa. Sempoa sendiri merupakan sebuah alat hitung manual yang fungsinya mirip seperti kalkulator, tapi dalam bentuk yang beragam.

Usahakan untuk memilih sempoa dengan bentuk yang lucu agar si kecil bisa tertarik menggunakannya. Tapi ingat ya Moms, jangan dulu menggunakan hitung-hitungan rumit. Cukup bilangan kecil-kecil saja. Intinya, ajari si kecil dengan metode permainan dan buat agar matematika tampak menyenangkan.

Selamat mencoba untuk menghilangkan kesan keangkeran matematika ya Moms!