Ingin Anak Tunggal Menjadi Pribadi yang Penyayang?

Merries Insight
30 Desember 2014
Umum
Share
Ingin Anak Tunggal Menjadi Pribadi yang Penyayang?

Banyak orang yang mengatakan bahwa anak tunggal identik dengan sifat manja dan sulit untuk berbagi. Satusnya sebagai anak tunggal menjadikannya merasa tidak perlu untuk berbagi dengan orang lain. Sebenarnya anak tunggal juga bisa tumbuh menjadi anak yang penyayang, pengertian, pemurah, dan memiliki empati terhadap orang lain. Sifat-sifat baik ini dapat terbentuk tergantung pada pola asuh kedua orang tuanya. Sifat anak tunggal yang egois bisa saja disebabkan oleh kondisi di mana ia merasa tidak mempunyai saingan. Kondisi ini juga memicu si anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang dominan di lingkungan keluarga. Orang tua juga sering membelanya perilaku serta memenuhi semua keinginannya. Nah, Moms, latar belakang inilah yang menyebabkan si anak tunggal akan sulit memahami perasaan orang lain.

Sah-sah saja anak tunggal seringnya menjadi pusat perhatian. Namun tidak lantas semua keinginannya dipenuhi dan semua perilakunya dibenarkan oleh anda orang tua.Jika si anak melakukan kesalahan, Moms harus memberitahukan konsekuensinya dan jika si anak meminta sesuatu yang berlebihan, anda juga wajib memberi pengertian pada anak tunggal anda. Moms sebaiknya harus bersikap objektif agar anak tunggal anda memiliki pandangan yang berbeda. Dan yang lebih penting lagi, si anak dengan sendirinya akan tumbuh rasa empati dan akan bersikap pemurah terhadap orang lain.

Latihlah anak tunggal anda dengan cara memberi contoh langsung. Misalnya, berilah contoh untuk berbagi dengan orang lain atau orang-orang terdekatnya. Contoh lainnya, ketika anda akan berpergian dan mengajak anak tunggal anda, mintalah anak tunggal anda untuk membeli oleh-oleh untuk kakek dan nenek di rumah. Meskipun kedua contoh ini sangat simpel, namun dapat mengajarkan hal-hal yang bermanfaat untuk dirinya kelak saat sudah menjadi pribadi yang dewasa.

Bagaimana, Moms? Jadi kesimpulannya jangan biarkan anak tunggal anda tumbuh menjadi anak yang manja, dominan, dan tidak mau berbagi dengan sesama. Semua berawal dari anda para orang tua yang memiliki tugas penting untuk membantu anak tunggal anda memiliki sifat pemurah dan pengertian pada orang lain.