Ingat Rambu-Rambu Ini Kalau Si Kecil Mengikuti Lomba ya Moms!

Merries Insight
20 Mei 2016
Umum
Share
Ingat Rambu-Rambu Ini Kalau Si Kecil Mengikuti Lomba ya Moms!

Untuk mengevaluasi sekaligus menilai sejauh mana kemampuan si kecil, banyak orang tua yang akhirnya mengikutsertakannya dalam sebuah perlombaan khusus, misalnya saja lomba menggambar, menyanyi, cerdas cermat atau lomba-lomba lainnya.

Walaupun begitu, ada beberapa aturan yang harus Moms tegakkan, sebelum memberangkatkan si kecil ke medan laga. Dilansir dalam newparent, berikut merupakan aturan dasar yang harus dimiliki orang tua sebelum si kecil mengikuti lomba.

Luruskan Niat

Lomba tidak hanya sekedar menang kalah, tapi dibalik itu, ada beberapa nilai positif yang nantinya akan dimiliki si kecil, termasuk membangun semangat untuk berhasil, mengembangkan keterampilan koordinasi, mengembangkan perilaku yang baik tentang menang-kalah, berpikir kritis dan lainnya.

Beri Motivasi

Setelah meluruskan niat, Moms bisa mulai menjelaskan kepada si kecil jika lomba yang dia ikuti merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuannya. Selain itu, berikan semangat dan motivasi, tapi jangan menuntut hasil akhir. Cukup katakan jika tugas si kecil dalam lomba ini adalah, berusaha sebaik mungkin!

Siap Menang Dan Kalah

Semua orang pasti ingin menjadi pemenang, tapi apakah sudah siap menjadi pemenang sejati, tanpa jumawa dan merendahkan kontestan lainnya? Selain itu, jangan lupa untuk memberikan penjelasan tentang makna kalah yang sebenarnya, dimana di dalamnya ada peluang untuk bangkit dan menang di masa depan.

Maksimalkan Usaha

Memang benar tujuan utama lomba bukanlah untuk menjadi juara, tapi ini bukan jadi alasan anda tidak meminta si kecil memberikan kemampuan terbaiknya. Sebagai orang tua, Moms wajib meminta si kecil untuk serius, termasuk selama dalam masa latihan, persiapan hingga hari H lomba.

Kekalahan Bukan Aib

Ketika kalah, sebaiknya hentikan alasan, wasitnya curang, jurinya berat sebelah, atau ada anak titipan yang tampil di sana. Katakan saja jika si kecil kalah dan harus terus berlatih untuk memaksimalkan usahanya. Katakan juga jika Moms bangga dengan hasil lomba tersebut!

Hargai Usahanya

Apapun hasilnya, peluk si kecil dengan penuh rasa cinta dan kebanggaan. Cara ini akan membuat si kecil merasa segala usahakan dihargai. Kalau ada budget lebih, tidak salah kalau anda memberikan sedikit buah tangan atau mentraktir si kecil makan di tempat favoritnya. Itung-itung ucapan terima kasih atas usahanya.

Bagaimana Moms, si kecil sudah siap untuk jadi juara sejati atau kalah terhormat?