Indra Penciuman Jadi Lebih Sensitif Saat Hamil? Mitos atau Fakta?

Merries Insight
22 November 2015
Tumbuh Kembang
Share
Indra Penciuman Jadi Lebih Sensitif Saat Hamil? Mitos atau Fakta?

Salah satu tanda kehamilan adalah, penciuman yang tiba-tiba saja menjadi tajam. Di sini Moms akan sedikit benci dengan berbagai hal yang berbau tajam, termasuk makanan atau parfum, dan bahkan bau sedikit saja bisa menimbulkan rasa mual, hingga muntah.

Tapi benarkan tajamnya indera penciuman saat hamil ini hanyalah mitos?

Tentu tidak Moms, kondisi ini murni fakta, dan sudah dibuktikan secara ilmiah. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormonal untuk mengiringi pertumbuhan janin dalam kandungan. Hal ini bahkan di ungkap oleh Yvonne Bohn, MD, dalam bukunya yang berjudul The Mommy Docs - Ultimate Guide to Pregnancy and Birth.

Menurut Yvonne, di awal kehamilan hormon estrogen dan hormon human chorionic gonadotropin atau HCG, akan diproduksi lebih banyak. Produksi ini sendiri umumnya terjadi pada trimester pertama. Naiknya produksi hormon ini akan memicu tajamnya penciuman si ibu hamil, mual dan muntah di pagi hari, dan beberapa gejala lainnya.

Lantas, apakah semua wanita hamil mengalaminya?

Bisa dipastikan jika semua ibu hamil akan mengalami peningkatan indera penciuman, walaupun dalam kadar yang berbeda. Ada yang mengalaminya benar-benar marah, ada pula yang peningkatannya sangat kecil, bahkan sampai si ibu hamil tidak merasakannya. Tapi tetap, pada intinya peningkatan ketajaman indera penciuman ini ada!

Uniknya lagi, peningkatan indera penciuman Ibu Hamil ini ternyata berbanding lurus dengan gejala morning sickness lho Moms. Dengan kata lain, semakin tinggi peningkatan indera penciuman anda, maka semakin besar pula risiko anda mengalami mual dan muntah di pagi hari. Bahkan dalam beberapa kasus, morning sickness ini bisa saja terjadi sepanjang hari.

Bagaimana cara mengatasinya?

Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah, dengan menemukan bau apa saja yang membuat anda tersiksa. Setelah diketahui, singkirkan semuanya, dan gantilah dengan aroma yang lebih lembut. Bahkan kalau perlu, tidak apa-apa kok selama trimester pertama ini anda tidak menggunakan parfum.

Selain itu, tidak ada salahnya anda pun selalu menggunakan masker agar aroma yang tidak anda sukai tidak memaksa menerobos hidung. Selain itu, menggunakan masker juga sangat penting lho, terutama untuk mencegah radikal bebas masuk lewat sistem pernafasan. Selamat mencoba Moms!