Ibu Hamil Sakit Pinggang, Perlukah Minum Obat?

Merries Insight
03 Juni 2016
Kesehatan
Share
Ibu Hamil Sakit Pinggang, Perlukah Minum Obat?

Nyeri atau sakit pada pinggang adalah salah satu masalah yang biasa dialami oleh ibu hamil. Rasa nyeri dan pegal pada pinggang selama hamil sebenarnya disebabkan karena sendi melunak saat hamil. Beruntung, masalah ini dapat disiasati. Sepanjang masa kehamilan, perubahan hormon akan terus terjadi pada ibu hamil.

Kadang – kadang hal ini memang mengganggu kenyamanan Moms karena tidak dapat menjalani aktivitas seperti biasa. Namun Moms jangan kesal dulu dengan perubahan hormon tersebut karena tujuan setiap perubahan hormon saat hamil adalah untuk menjaga kehamilan itu sendiri dan menyiapkan kelancaran proses kelahiran nanti.

Rasa sakit pada pinggang biasanya muncul ketika memasuki trimester ketiga kehamilan. Selain pinggang, bagian lainnya yang juga merasakan sakit adalah punggung, panggul, dan tungkai kaki. Rupanya, pada saat memasuki trimester ketiga kehamilan atau ketika kehamilan memasuki usia tujuh bulan, hormon relaksin dan estrogen di dalam tubuh meningkat secara signifikan. Sebagai akibatnya, jaringan sendi – sendi pada tubuh dan otot menjadi lentur atau melunak.

Peningkatan produksi kedua hormon tersebut tak lain adalah untuk menyiapkan proses persalinan. Dengan lenturnya organ yang akan dilalui oleh janin, termasuk sendi, janin dapat melewati jalan lahir dengan lancar. Namun masalah kelenturan sendi ini ternyata juga menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan bahkan sakit pinggang. Bagaimana tidak, ketika janin membesar, beban pada perut, panggul, dan pinggang juga meningkat. Padahal kondisi sendi dan otot di sekitar pinggang melunak sehingga munculah rasa sakit pada pinggang.

Dengan melihat penyebab rasa sakit pinggang tersebut adalah proses yang alami dan bukan disebabkan karena gangguan kesehatan, maka Moms sebaiknya tidak perlu minum obat untuk mengatasi sakit pinggang tersebut. Kecuali sebelum hamil Moms memang sudah memiliki masalah pada pinggang. Kalaupun benar – benar memerlukan obat, jangan sembarangan dalam memilih obat. Pastikan bahwa obat tersebut sesuai dengan anjuran dokter kehamilan Moms. Ketika mengalami rasa sakit pinggang saat hamil, Moms juga dapat mengatasinya dengan beberapa tips berikut:

  • Selalu perhatikan posisi tubuh. Pastikan postur tubuh Moms tetap tegak walaupun perut terus membusung. Hindari menekuk pinggang ke belakang
  • Usahakan untuk tidak melakukan gerakan – gerakan yang menghentak. Lakukan gerakan – gerakan secara lembut baik itu berjalan, berdiri, bangun dari duduk, bangun dari tidur, membungkuk, dll
  • Gunakan alas kaki yang nyaman
  • Lakukan olah tubuh, khususnya peregangan ringan

Setelah mengetahui berbagai cara dalam mengatasi sakit pinggang, Moms sekarang tentu sudah tidak perlu khawatir lagi dalam menyiasati masalah tersebut dan tidak perlu repot – repot minum obat.

Baca Juga

Ibu Hamil Tidak Boleh Minum Air Es, Benarkah?

Kapan Obat Penguat Kandungan Perlu Diberikan Pada Ibu Hamil?

Amankah Minum Obat Saat Hamil?