Hal-hal yang Wajib Dads Ajarkan pada Si Kecil

Merries Insight
16 Maret 2016
Umum
Share
Hal-hal yang Wajib Dads Ajarkan pada Si Kecil

Di jaman modern seperti sekarang ini, banyak sekali orang tua yang sibuk bekerja. Baik itu Dads atau Moms. Terutama bagi Dads yang sibuk bekerja di luar rumah, rasanya cukup sulit bertemu dengan Si kecil. Dads mesti berangkat bekerja pagi hari sebelum Si kecil bangun dan baru pulang saat Si kecil sudah tertidur pulas. Tidak heran bila Si kecil seolah menjadi tidak akrab dengan sosok ayah.

Meski kebutuhan Si kecil seperti sandang dan pangan terpenuhi, tetapi Si kecil masih membutuhkan ajaran penting dari Dads. Oleh karena itu, luangkan waktu terutama di saat waktu libur untuk berinteraksi lebih intim dengan Si kecil. Pasalnya sosok ayah masih dibutuhkan dan memiliki peran penting dalam tahap tumbuh kembangnya.

Tidak masalah bila Dads mempunyai kesibukan di luar rumah. Tetapi, pastikan hal-hal wajib ini Dads ajarkan kepada Si kecil.

Mengajari Si Kecil Mengenai Keyakinannya

Hidup sebenarnya adalah ibadah. Setiap hal yang dilakukan di dunia ini pun perlu dipertanggungjawabkan di akhirat nanti. Untuk itu, sebagai orang tua Dads mempunyai tanggung jawab menanamkan pemahaman akan keyakinannya. Misal mengajarkan anak tentang rukun iman, rukun islam, dan pentingnya shalat 5 waktu bagi yang beragama Islam. Pastikan di setiap waktu luang, Dads menanamkan ajaran agama. Sebenarnya ajaran agama ini pun bisa dikenalkan melalui kebiasaan setiap hari seperti membangunkan Si kecil saat adzan subuh berkumandang.

Mengajarkan Si Kecil Kata Tolong dan terimakasih

Manusia adalah makhluk sosial. Artinya manusia membutuhkan manusia yang lain dalam berinteraksi. Sebagai ayah yang bertanggung jawab atas perkembangan moral Si kecil, Dads mesti mengajarkan kata tolong saat meminta bantuan atau meminta sesuatu. Ajarkan pula kata terimakasih setelah memperoleh bantuan atau apa yang diinginkan. Hal ini sekiranya bisa membangun sifat Si kecil yang menghargai orang lain.

Contoh Meminta Maaf Bila Melakukan Kesalahan

Meski lebih dewasa dari segi umur, tidak lantas orang tua terbebas dari kesalahan. Bisa jadi tanpa sengaja Dads membuat kesalahan misal mengingkari janji yang sudah dibuat. Oleh karena itu, ajari Si kecil dengan meminta maaf akan kesalahan yang dilakukan mesti tidak disengaja. Hal ini sekiranya dapat memupuk rasa toleransi Si kecil dan membiasakan Si kecil agar mau meminta maaf saat berbuat hal yang salah.

Menjaga Ucapan

Si kecil yang dibiarkan bermain seenaknya cukup berisiko berkata kasar. Meski memang mereka belum mengerti arti kata yang diucapkan. Bila dibiarkan hal tersebut bisa menjadi kebiasaan. Untuk itu, Dads perlu mengajari makna kata yang baik.