Hal-hal Inilah yang Dipelajari Bayi dalam Kandungan

Merries Insight
13 Januari 2015
Tumbuh Kembang
Share
Hal-hal Inilah yang Dipelajari Bayi dalam Kandungan

Apakah Moms tahu bahwa sejak masih di dalam kandungan, bayi ternyata sudah belajar banyak hal yang tidak Moms ketahui. Berikut ini adalah beberapa hal yang sudah dipelajari bayi ketika masih di dalam rahim.

Memahami Suara

Pada saat kandungan berusia 7 bulan, bayi sudah mulai peka terhadap suara-suara yang muncul dari tubuh Moms seperti suara sendawa, suara detak jantung, cegukan, dan suara perut Moms yang merasa lapar. Selain memahami suara, calon bayi juga sudah mulai mengenal melodi, intonasi, dan ritme berbicara Moms sehingga pada saat ia lahir, mereka akan lebih merespon bahasa-bahasa yang mempunyai ritme dan melodi yang sama atau mirip dengan yang dibicarakan oleh Moms ketika bayi masih di dalam kandungan.

Merespon Cahaya

Pada saat janin telah memasuki usia 7 bulan di mana pada saat tersebut mata bayi sudah mulai terbuka, ia akan mulai belajar merespon cahaya. Moms dapat mencoba mengetesnya dengan menyorotkan cahaya yang lumayan terang ke arah pertu Moms. Si kecil di dalam rahim pasti akan merespon dengan cara menghindari cahaya yang diarahkan kepadanya. Respon tersebut akan terasa melalui pergerakan janin.

Mempelajari Rasa Makanan

Pemilihan rasa makanan ternyata juga telah dipelajari oleh bayi saat di dalam rahim. Kualitas makanan yang dikonsumsi Moms juga turut berpengaruh terhadap anak setelah lahir. Jika Moms mengkonsumsi makanan dengan variasi yang banyak, bayi akan semakin mudah untuk menerima makanan baru yang diberikan kepadanya.

Indera pengecap anak sudah mulai berkembang dari usia kehamilan 7 minggu sampai 8 minggu. Berdasarkan penelitian pada kehamilan minggu ke-14, bayi sudah mampu membedakan rasa pahit, manis, dan juga asam.

Belajar Mencium

Indera penciuman bayi sudah mulai berkembang. Bayi mampu mencium aroma makanan yang dikonsumsi Moms. Ini juga berlaku dengan kepekaan anak pada aroma Moms. Maka, kadang disarankan supaya Moms tidak mandi sebelum memberikan ASI pertama supaya si kecil merasa nyaman ketika mencium aroma tubuh Moms.

Belajar Bergerak

Pada usia 18 minggu, bayi sudah mulai memasukkan tangan atau jari ke dalam mulut. Semakin besar usia kehamilan, bayi mulai belajar menggerakkan kaki, memukul, menarik, dan mengayun tali pusarnya.