Hal-Hal Ini Wajib Dipersiapkan Sebelum Kehamilan

Hal-Hal Ini Wajib Dipersiapkan Sebelum Kehamilan

Moms, kehamilan merupakan hal yang sangat membahagiakan, sekaligus mendebarkan. Bagaimana tidak, setelah selama ini menunggu kehadiran sang buah hati, kini dalam perut Moms tersimpan calon bayi mungil yang siap membuat suasana rumah Moms jauh berbeda dari sebelumnya.

Walaupun begitu, baik Moms ataupun Dad, perlu mengetahui beberapa hal yang wajib dipersiapkan sebelum masa kehamilan. Tujuannya adalah, supaya kehamilan Moms kali ini bisa berjalan dengan maksimal. Moms sehat, bayi pun selamat.

Ketahui Berat Badan

Sebelum hamil, ada baiknya Moms mengetahui dulu berapa berat badan Moms sekarang. Kalau misalkan Moms termasuk wanita dengan berat badan berlebih, sebaiknya Moms memulai program diet untuk menurunkan berat badan. Dari mana Moms bisa tahu berat badan normal untuk kehamilan? Untuk mengetahui ini, sebaiknya Moms datangi bidan terdekat dan konsultasikan dengannya.

No Alkohol, No Rokok

Siapapun pasti tahu kalau rokok dan alkohol akan menyebabkan efek buruk untuk kehamilan anda. Risikonya sangat besar, dari mulai risiko keguguran, sampai melahirkan bayi cacat. Untuk itu, kalau selama ini Moms terbiasa mengonsumsi Alkohol dan seorang perokok, mendingan berhenti dari mulai sekarang. Kalau bisa sih anda harus berhenti secara permanen.

Hilangkan Masalah Gigi

Sebelum masa kehamilan, memeriksakan kondisi kesehatan gigi merupakan hal yang wajib dilakukan. Bukan tanpa alasan, kesehatan gigi yang buruk bisa meningkatkan terjadinya infeksi oleh bakteri, sehingga memperbesar kemungkinan Moms memiliki bayi yang lahir prematur atau preeclampsia. Makanya, pastikan gigi Moms dalam kondisi baik-baik saja sebelum hamil.

Siapkan Budget

Ini yang paling penting. Ingat Moms, hamil itu mahal lho! Dari mulai mempersiapkan kehamilan, memeriksakan diri ke dokter, kontrol tiap bulan, konsumsi vitamin, belum lagi harus mempersiapkan pakaian anak, perlengkapan melahirkan dan bahkan persiapan biaya persalinan yang pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Makanya, siapkan budget supaya Moms tenang selama hamil.

Selain persiapan diatas, persiapan apa lagi sih yang biasanya Moms lakukan sebelum merencanakan kehamilan? Kita Sharing yuk dalam kolom komentar di bawah ini!