Giginya Mulai Tumbuh! Ini Dia Beberapa Tips untuk Meringankan Nyerinya!

Merries Insight
05 Januari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Giginya Mulai Tumbuh! Ini Dia Beberapa Tips untuk Meringankan Nyerinya!

Saat si kecil mulai tumbuh gigi, ia akan menjadi rewel. Hal ini dikarenakan gigi menembus bagian gusinya yang masih sangat lembut sehingga menimbulkan rasa gatal atau nyeri. Nah, agar Moms tidak kewalahan mengatasi si kecil yang rewel, coba terapkan tips mengatasi nyeri saat gigi bayi tumbuh berikut:

Mengusap gusi

Usapan lembut pada gusi dapat mengatasi nyeri saat gigi bayi tumbuh. Hal ini dikarenakan usapan jari akan membuat gusi terasa nyaman. Namun, Moms tidak boleh memaksa jika si kecil menolak gusinya diusap karena dapat menyebabkan gusi si kecil terluka.

Mainan yang dimasukan ke dalam kulkas

Berikan mainan yang dapat menstimulus pertumbuhan gigi (teether). Bersihkan teether lalu masukkan dalam kulkas. Mainan yang dingin ketika digigit dapat mengatasi nyeri saat gigi si kecil tumbuh.

bayi

Memberikan finger food

Memberikan si kecil finger food akan melatihnya menggenggam dan memakan makanannya sendiri. Selain itu, finger food juga membantu si kecil mengurangi rasa gatal dan rasa tidak nyaman saat giginya menembus gusi.

Konsultasikan dengan dokter

Jika nyeri pada gusi si kecil tidak kunjung reda (ditandai dengan si kecil yang terus rewel dan menolak makan), maka sebaiknya Moms segera membawanya ke dokter untuk diberikan obat sesuai takaran usia si kecil.

Selain menjalankan tips mengatasi nyeri saat gigi bayi tumbuh diatas, Moms juga dapat meyisipkan makanan pereda nyeri gigi pada menu tim si kecil. Menu tersebut antara lain :

Mentimun

Mentimun memiliki sifat dingin dan juga mampu meningkatkan produksi liur. Menyisipkan mentimun dalam menu timnya dapat menimbulkan rasa dingin dan segar di mulut sehingga nyeri berkurang.

Sedangkan, mengkonsumsi jus mentimun rendah gula mampu menetralkan asam basa di mulut si kecil sehingga perkembangan bakteri yang dapat menambah nyeri gigi juga dapat ditelan.

Pisang

Buah pisang mengandung serat dan kalori yang tinggi. Tekstur buah pisang yang seperti ini sangat baik untuk melatih anak mengunyah. Proses mengunyah inilah yang mampu mengatasi nyeri saat gigi si kecil tumbuh.

Alpukat

Seperti halnya pisang yang mampu mengatasi nyeri saat gigi si kecil tumbuh dengan latihan mengunyah, alpukat juga memiliki peranan yang sama. Buah alpukat yang bertekstur namun tidak membuat si kecil tersedak, menjadi salah satu pilihan makanan yang harus Moms pertimbangkan.

Moms dapat memberikan buah alpukat yang dikerik atau membuatnya dalam bentuk jus yang kental.

Wortel

Selain buah buahan, Moms juga dapat memberikan sayuran sehat seperti wortel. Wortel dipercaya mampu mengatasi nyeri saat giginya tumbuh dan juga memberikan asupan vitamin yang cukup pada si kecil.

Cukup berikan wortel yang telah dipotong kecil memanjang dan pastikan bagian tengah wortel dihilangkan (karena teksturnya terlalu keras). Rebus potongan wortel ini hingga benar-benar matang.

Kini Moms tidak perlu bingung saat mengatasi nyeri saat gigi si kecil tumbuh karena berbagai cara di atas bisa membantu.