Fresh Punch, Minuman Segar yang Bisa Dibuat Sendiri Oleh Si Kecil

Merries Insight
12 Juli 2016
Umum
Share
Fresh Punch, Minuman Segar yang Bisa Dibuat Sendiri Oleh Si Kecil

Fruits punch atau fresh punch merupakan sejenis es buah yang diadaptasi dari minuman khas Eropa. Kesegaran dan kekayaan rasa menjadikan fresh punch sebagai salah satu minuman favorit di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Sebagai negara tropis, fresh punch diminati banyak kalangan dan laku terjual di banyak tempat. Selain itu, minuman tersebut sangat mudah dibuat karena bahan-bahannya gampang sekali didapatkan dan dibanderol dengan harga terjangkau.

Karena tingkat kesulitan pembuatan yang rendah, si Kecil pun bisa membuat fresh punch-nya sendiri di rumah, lho, Moms. Bukan hanya rasa manis dan segar, si Kecil pasti jatuh cinta dengan warna dari fresh punch yang cukup mencolok. Sebagai orangtua, Moms juga harus senantiasa mengawasi si Kecil yang ingin bereksperimen dengan fresh punch versinya. Moms dapat memulainya dengan memilih buah-buah favoritnya hingga wadah yang ingin dia pakai untuk minuman tersebut.

Jika Moms atau si Kecil masih bingung dalam memilih bahan-bahan untuk membuat fresh punch, berikut ini ada resep sederhana yang dapat Moms dan si Kecil praktikan di rumah.

Bahan-bahan Membuat Fresh Punch

  • New purple orange, 250 mililiter;
  • Gula pasir, 750 gram;
  • Nanas, dua buah dan yang agak matang;
  • Melon, satu buah;
  • Pepaya bangkok, dua buah;
  • Semangka, setengah buah;
  • Nata de coco, dua bungkus;
  • Bengkuang, lima buah;
  • Kayu manis, dua sendok makan;
  • Sirup dan es batu.

Langkah-langkah Membuat Fresh Punch

  1. Kupas nanas, lalu cuci bersih dengan air. Potong buah tersebut sesuai selera atau kebutuhan Moms dan si Kecil;
  2. Siapkan panci dan masak air hingga mendidih. Kemudian, masukan potongan nanas ke dalam panci bersama gula pasir dan kayu manis. Sisihkan terlebih dahulu;
  3. Sambil menunggu, kupas dan potong kecil-kecil semangka, pepaya, melon, bengkuang untuk kemudian dimasukkan ke dalam sebuah mangkuk atau wadah besar;
  4. Masukkan air, nata de coco, new purple orange, dan sirup ke dalam wadah. Tuangkan pula es batu untuk membuat minuman semakin segar;
  5. Setelah nanas mengeluarkan harum dan teksturnya melunak, masukkan ke dalam wadah berisi buah-buahan tadi. Selanjutnya, tuangkan air secukupnya sampai rasa manis fresh punch terasa pas bagi Moms dan si Kecil. Sajikan sesuai selera.

Karena Moms membuat fresh punch bersama si Kecil, ada baiknya untuk membimbing dia saat hendak memakai peralatan dapur seperti pisau atau kompor. Ajari dia untuk memegang pisau dengan benar dan menjaga jarak saat api kompor sedang menyala. Jangan lupa juga untuk memberitahu si Kecil kalau dapur harus selalu dibersihkan setelah dia membuat sesuatu di sana. Jadi selain mendapatkan ilmu membuat fresh punch, dia juga bertanggungjawab atas pekerjaannya.