Fakta, Tidur Nyenyak Tanda Bayi Cerdas

Merries Insight
12 September 2016
Umum
Share
Fakta, Tidur Nyenyak Tanda Bayi Cerdas

Bayi yang baru lahir pasti menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Pasalnya selama tidur itulah proses pertumbuhan dan perkembangannya berlangsung selama optimal. Jika si kecil sering terbangun ketika ia menikmati waktu tidurnya, Moms sebaiknya tidak menganggap remeh hal ini.

Bayi memerlukan waktu tidur antara 14 jam sampai 16,5 jam setiap hari. Sejumlah studi mengatakan bahwa jika waktu tidur bayi berkurang atau terganggu, maka si kecil tidak dapat tumbuh secara optimal.

Pasalnya ketika bayi tidur, akan terjadi proses perbaikan pada sel – sel otak si kecil dan hormon produksi dapat tumbuh mencapai 75 persen.

Tidak hanya itu saja, tidur cukup juga dapat memberikan beberapa efek positif untuk beberapa aspek yaitu sebagai berikut:

Fisik

Pada saat tidur, hormon pertumbuhan dikeluarkan dalam jumlah yang banyak. Selain itu, pertumbuhan hormon juga lebih optimal selama tidur sehingga jika bayi kurang tidur, hal ini dapat membuat pertumbuhan fisik si kecil terganggu.

Kognitif

Mimpi yang dialami oleh bayi saat tidur sangat berperan dalam perkembangan emosional dan kognitif anak. Pada saat bayi bermimpi, kemampuan otaknya juga akan ikut berkembang. Biasanya tidur mimpi ditandai dengan bola mata yang bergerak cepat atau Rapid Eye Movement (REM). Jika si kecil sering terbangun, tentu saja perkembangan otaknya akan menjadi terganggu. Selain itu potensi yang seharusnya berkembang juga tidak dapat berlangsung secara optimal.

Psikomotorik

Kondisi kurang tidur pada si kecil akan mengganggu perkembangan sistem saraf dan otot – ototnya. Pada anak yang mengalami gangguan tidur, perkembangan motorik kasarnya lebih optimal daripada gerak motorik halusnya.

Emosional dan Mental

Ketika sedang tidur dan tiba – tiba terbangun, ini tentu membuat bayi merasa tidak nyaman. Akhirnya bayi yang kurang tidur pun menjadi lebih mudah rewel.

Jika buah hati Moms mengalami masalah gangguan tidur, Moms tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya masalah ini sebenarnya ada solusinya. Kuncinya adalah rileks. Pikiran dan tubuh si kecil yang rileks akan membuat bayi tidur lebih nyaman dan nyenyak. Selain itu caranya juga sangat mudah dilakukan. Moms hanya perlu melakukan pijatan spesial untuk si kecil sebagai berikut:

  1. Ajak buah hati Moms bermain saat mandi sambil membasuh tubuhnya dengan sabun favorit si kecil.
  2. Sebelum memakai pakaian lengkap, pijat si kecil dengan lotion khusus bayi.
  3. Taburkan bedak secara merata di seluruh tubuh bayi supaya ia tetap wangi dan segar setelah mandi. Aroma menyenangkan dan kelembutan yang dia rasakan dapat membuat bayi tidur lebih pulas.