Emosi Negatif Datang Mengganggu Saat Hamil? Tangkal Dengan Cara Ini!

Merries Insight
11 Agustus 2017
Umum
Share
Emosi Negatif Datang Mengganggu Saat Hamil? Tangkal Dengan Cara Ini!

Artikel ini berisi tentang :

  • Mood Swing yang Menyebalkan
  • Bagaimana Cara Mengatasi Emosi Negatif Selama Kehamilan?
  • Babymoon dan Olahraga Bisa Jadi Solusi
  • Jangan Lupa Vitamin Prenatal!

Tidak hanya perubahan fisik, selama masa kehamilan Moms pun akan mendapati perubahan hormon, yang bisa menyebabkan beberapa masalah, seperti perubahan emosi yang membuat Moms menjadi lebih sensitif. Yang paling menarik, perubahan ini terkadang akan membuat Moms sulit mengontrol diri.

Mood Swing yang Menyebalkan

Perubahan mood atau emosional yang kerap disebut mood swing umumnya disebabkan karena stres, perubahan hormon, perubahan metabolisme tubuh dan lainnya. Jika tidak diatasi, mood swing bisa menimbulkan depresi selama masa kehamilan.

Menurut Cymet Lanski, Psy.D., Psikolog Klinik di Chicago School of Professional Psychology, menyebut jika mood swing tidak hanya berpengaruh kepada ibu hamil dan lingkuangnya saja, tapi juga berpengaruh buruk bagi kandungan.

Bahkan Cymet mengklaim jika beberapa penelitian berhasil membuktikan, anak yang terlahir dari seorang ibu yang depresi, cenderung lemah dalam nilai akademis, cengeng, memiliki mental yang buruk dan tidak punya rasa percaya diri.

Cukup menakutkan memang. Hal inilah yang membuat Anda harus berjuang keras untuk mengatasi stres dan mood swing selama masa kehamilan, salah satunya dengan cara melakukan Yoga khusus Ibu hamil, melakukan aktivitas yang menyenangkan dan lainnya.

Bagaimana Cara Mengatasi Emosi Negatif Selama Kehamilan?

Untuk mengatasi masalah ini, dr. Rahajeng A.P, dalam ulasannya di situs meetdoctor.com, memberikan beberapa trik untuk mengontrol, sekaligus mengelola emosi negatif yang menyerang selama masa kehamilan., diantaranya :

  • Berjalan-jalan dan melakukan hal yang menyenangkan.
  • Baca buku yang menarik.
  • Mengambil kelas yoga, atau melakukan pijat untuk relaksasi.
  • Memperbanyak istirahat.
  • Meminta pasangan menemani nonton film favorit.
  • Bermanja-manja atau bisa juga mengajak jalan-jalan pasangan.
  • Konsumsi makanan sehat secara teratur.

Selain dengan cara-cara diatas, dr. Rahajeng menyarankan Moms untuk melonggarkan aktivitas harian, dan menjauhi aktivitas-aktivitas yang bisa membuat Moms stres, seperti menumpuk pekerjaan, mengendarai kendaraan di tengah kemacetan dan lainnya.

Babymoon dan Olahraga Bisa Jadi Solusi

Sementara itu, Dr Sita Ayu Arumi, SpOG, menyarankan Moms untuk melakukan perjalanan ke tempat-tempat menyenangkan, atau yang dikenal dengan istilah babymoon. Menurutnya, perjalanan liburan ini akan membuat Moms lebih rileks dan mampu terhindar dari depresi saat hamil.

Tapi ingat Moms, sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya Moms konsultasikan dulu dengan dokter. Hal ini dilakukan agar perjalanan liburan ini tidak membahayakan kesehatan Moms dan janin.

Sementara itu, The Department of Health and Human Services, menyarankan Moms untuk rutin melakukan olahraga aerobik, minimalnya 150 menit per minggu. Selain untuk mendapatkan tubuh yang sehat, cara ini pun efektif untuk mengatasi stres selama masa kehamilan.

Dr. Jessica Shepard, direktur ginekologi di University of Illinois di Chicago, punya cara lain untuk mengatasi masalah mood buruk selama masa kehamilan, salah satunya dengan rutin melakukan olahraga intensitas sedang, seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang, yoga dan pilates Ibu hamil.

Alasannya, olahraga ringan tidak hanya menghasilkan banyak keringat, tapi juga efektif meningkatkan denyut jantung, melancarkan peredaran darah, dan membuat mood terasa lebih baik.

Jangan Lupa Vitamin Prenatal!

Selain dengan melakukan beberapa hal di atas, jangan lupa untuk membangun pertahanan yang cukup untuk membantu Si Kecil tetap tumbuh sehat selama dalam kandungan.

Selain itu, asupan vitamin yang cukup pun tergolong efektif mengusir rasa lelah dan rasa ingin ngemil. Hal ini disebabkan karena tubuh sudah cukup mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Secara tidak langsung, hal ini pun akan membantu Moms terbebas dari mood swing.

Tapi ingat Moms, sebelum mengonsumsi vitamin yang dibutuhkan tubuh, pastikan Moms berkonsultasi dulu dengan dokter. Biasanya, dokter akan meresepkan produk multivitamin yang Moms butuhkan sesuai dengan kondisi kehamilan. Selamat mencoba!