Efek Jera Itu Tidak Harus Selalu dari Marah dan Hukuman, Moms!

Merries Insight
11 November 2015
Tumbuh Kembang
Share
Efek Jera Itu Tidak Harus Selalu dari Marah dan Hukuman, Moms!

Terkadang, ada masanya si kecil bersikap tidak patuh terhadap perintah orang tua hingga membuat anda jengkel. Bahkan mereka seolah sengaja membuat kesalahan demi kesalahan yang membuat anda geram. Lantas bagaimana cara membuat mereka supaya bisa menurut?

Walaupun kebanyakan orang tidak mau memberikan hukuman kepada si kecil dengan dalih kasih sayang, tapi satu hal yang harus dipahami dengan bijak, yakni hukuman harus dilakukan. Dengan memberikan hukuman, si kecil akan tahu jika tindakannya itu tidak baik.

Walaupun begitu, yang harus anda perhatikan adalah cara memberikan hukum tersebut. Hukuman dalam bentuk kekerasan hanya akan melahirkan generasi yang penuh dengan kekerasan.

Lantas, hukuman seperti apa yang pantas dilakukan untuk membuat si kecil jera?

Banyak pakar pendidikan modern yang lebih menyarankan hukuman dalam bentuk pendekatan-pendekatan behavioral, misalnya saja, memotong uang jajan mereka, melarang menonton televisi di waktu-waktu tertentu atau melarangnya bermain video games.

Dengan merenggut hal yang mereka sukai, diharapkan si kecil bisa jera, dan akhirnya tidak mau mengulangi kesalahannya lagi. Tidak hanya itu, dengan hukuman ini, diharapkan si kecil bisa menjadi generasi disiplin tanpa paksaan dan tanpa harus melibatkan kekerasan fisik ataupun verbal.

Bagaimana cara memberikan hukuman di sekolah?

Menegakan hukum untuk si kecil di sekolah ataupun di rumah, pada dasarnya saja saja, yakni dengan tidak melibatkan kekerasan fisik ataupun verbal, tapi dengan hukuman tertentu yang lebih bermakna. Misalnya saja, menghukum si kecil lari keliling sekolah karena terlambat sekolah atau ketika melakukan kesalahan lainnya.

Lebih dari itu, mungkin hukuman dengan membersihkan sampah di sekolah, membuat karya hasil daur ulang atau dengan membersihkan WC, bisa dijadikan alternatif. Intinya, hilangkan kebiasaan menghukum anak dengan kekerasan fisik atau verbal, untuk menghindari dampak yang lebih buruk di masa depan.

Nah, bagaimana dengan anda sendiri? Hukuman seperti apa sih yang biasa anda berikan ketika si kecil melakukan kesalahan? Sharing yuk di sini!