Dads, Jaga Gaya Hidup Ya Karena Bisa Pengaruhi Kondisi Bayi Saat Lahir

Merries Insight
18 September 2016
Umum
Share
Dads, Jaga Gaya Hidup Ya Karena Bisa Pengaruhi Kondisi Bayi Saat Lahir

Gaya hidup sehat adalah gaya hidup yang dianjurkan oleh banyak dokter. Sayangnya, tidak semua orang menganut gaya hidup ini. Jadi, apakah Moms dan Dads termasuk dalam kelompok orang yang tidak peduli gaya hidup sehat? Hati-hati loh, Moms, gaya hidup tidak sehat ini ternyata bisa mempengaruhi Si Kecil. Mungkin, Moms berpikir tidak akan terjadi apa-apa, selama Moms menganut gaya hidup sehat. Tapi, penelitian terbaru dari Georgetown University Medical Center menemukan bila gaya hidup Dads juga bisa mempengaruhi Si Kecil.

Menurut salah satu peneliti dalam penelitian in, Joanna Kitlinska, PhD, yang juga seorang peneliti biochemistry, molekular dan biologi sel, efek pada Si Kecil tampak jelas. Salah satu contoh yang mereka temukan adalah saat Dads mempunyai kebiasaan minum alkohol atau bahkan kecanduan, Si Kecil terkena efeknya, yaitu Fetal Alcohol Spectrum Disorder (FASD). Sebagian orang menganggap bahwa FASD hanya dapat terjadi, apabila Moms mengkonsumsi alkohol saat mengandung Si Kecil. Tetapi, penelitian ini membuktikan bila Dads juga mempunyai peran disini. Dads yang suka minum alkohol, bisa membawa efek negatif pada Si Kecil. FASD sendiri dapat mempengaruhi banyak aspek pada pertumbuhan Si Kecil. Mulai dari perkembangan otak yang tidak normal, hingga adanya cacat tubuh.

Selain itu, penelitian ini juga menemukan tidak hanya gaya hidup saja, loh Moms, yang bisa mempengaruhi Si Kecil. Usia Dads serta kondisi psikologis Dads juga ternyata bisa mempengaruhi Si Kecil. Usia Dads yang terlalu tua saat melakukan pembuahan akan mengingatkan resiko Si Kecil mengalami cacat atau bahkan Schizopernia. Hal ini juga sama dengan kondisi psikologis Dads. Stress dapat membuat Si Kecil mempunyai otak kecil dan terhambatnya perkembangan fungsi kognitif Si Kecil.

Karena hal ini, dibutuhkan kerjasama antara Moms dan Dads untuk mencegah masalah ini. Moms dan Dads dapat mulai mengubah gaya hidup yang tidak sehat. Mungkin, hal tersebut akan sangat sulit dilakukan, apalagi bila Moms dan Dads sudah menganut gaya hidup tersebut dalam jangka waktu yang lama. Tapi, bila Moms dan Dads mengingatkan diri sendiri, bahwa perjuangan berat ini dilakukan untuk Si Kecil, maka hal tersebut akan menjadi lebih mudah.

Caranya cukup mudah. Mulai dengan menghentikan kebiasaan buruk, seperti merokok atau minum alkohol. Makan makanan sehat, perbanyak sayur dan buah, serta berolahraga yang rutin. Hal ini tidak hanya akan berdampak baik untuk Si Kecil, tetapi juga untuk tubuh Moms dan Dads.