Dads, Ini Cara Mendorong Si Kecil Belajar Musik

Merries Insight
07 November 2015
Kesehatan
Share
Dads, Ini Cara Mendorong Si Kecil Belajar Musik

Dads, anda pasti paham betul jika musik tidak hanya indah untuk di dengarkan, tapi memiliki efek yang cukup dahsyat untuk tumbuh kembang si kecil, salah satunya membantu untuk memaksimalkan pertumbuhan otak dan meningkatkan kecerdasannya.

Melihat fungsinya yang sangat vital, tidak salah dong kalau anda berpikiran untuk segera memperkenalkan si kecil agar dia bisa belajar bermusik. Tapi bagaimana caranya? Dilansir dalam Times Of India, berikut merupakan cara mendorong agar si kecil mau belajar musik sejak dini, tanpa harus memaksanya.

Usia

Perhatikan faktor Sia si kecil. Untuk bisa memahami dan belajar mengenal nada, biasanya anak-anak harus berusia di atas 5 tahun. Di usia ini, mereka sudah bisa diajarkan bagaimana cara mengolah nada, memainkan musik, dan intinya sudah tahu apa itu musik.

Alat musik

Cara paling gampang untuk membuat anak-anak berminat belajar dengan musik adalah, dengan memberikan alat musik yang mereka sukai agar program latihan ini berjalan efektif. Misalnya, jika anda menyekolahkan anak ke kurus gitar, maka berikan lata musik gitar untuk si kecil.

Baca Juga

Kita Bisa Manfaatkan Musik untuk Bantu Si Kecil Belajar Lho, Moms!

Anak Belajar Musik Lebih Mudah Hadapi Tes

Musik Penting Untuk Perkembangan Bayi. Ini Alasannya!

Kemampuan orang tua

Di sekolah musik, biasanya si kecil hanya memiliki waktu 2 -3 jam untuk belajar bagaimana menggunakan alat musik tersebut. Nah agar latihan ini maksimal, Moms atau Dads sebaiknya bisa juga memainkan alat musik tersebut. Walaupun tidak mahir, minimalnya anda bisa memainkannya.

Dukung dengan idola

Idola akan membuat si kecil lebih bersemangat dalam mengembangkan kemampuannya. Untuk itu, perkenalkan si kecil dengan musisi-musisi papan atas yang memainkan alat musik yang disukainya. Misalnya, anda bisa mengenalkan John Petrucci jika anak anda belajar gitar.

Latih terus

Baca Juga

Kita Bisa Manfaatkan Musik untuk Bantu Si Kecil Belajar Lho, Moms!

Anak Belajar Musik Lebih Mudah Hadapi Tes

Musik Penting Untuk Perkembangan Bayi. Ini Alasannya!

Penting untuk di perhatikan. Ajarkan si kecil untuk disiplin dalam latihan. Selain belajar di sekolah, anda pun harus mendorong si kecil untuk mengembangkan kemampuannya sendiri di rumah dengan bantuan video atau buku panduan. Dengan begitu, kemampuan si kecil bermain musik akan meningkat pesat.

Moms and Dads, mendorong si kecil untuk belajar musik, bukan berarti mengarahkan si kecil untuk menjadi musisi. Tapi kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan kecerdasan si kecil. Makanya, yuk dukung si kecil belajar memainkan alat musik!