Dads Harus Bisa Mengatasi Masalah Psikis Moms pada Masa Menyusui

Dads Harus Bisa Mengatasi Masalah Psikis Moms pada Masa Menyusui

Sebagai seorang pria, sekaligus suami dan ayah baru, ketahuilah jika tugas Dads bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan sandang, pangan, dan papan saja, tetapi Dads pun berkewajiban untuk memberikan bantuan untuk mengatasi masalah psikologi yang dialami Moms ketika menyusui.

Caranya? Yuk kita intip trik para Dads idaman untuk mengatasi masalah psikis yang sedang dialami oleh Moms yang sedang menyusui.

Dukungan

Kalau Moms berniat untuk memberikan ASI eksklusif, sebaiknya dukung dia secara penuh. Melarangnya memberikan ASI eksklusif hanya akan membuat dirinya bingung. Di sisi lain, Moms merasa punya kewajiban untuk memberikan anaknya ASI eksklusif, di sisi Moms pun tidak mau mengecewakan Dads.

Makanan

Tidak bisa dipungkiri jika faktor makanan bisa menyebabkan masalah perubahan psikis kepada seseorang, terutama untuk wanita menyusui. Untuk itu, berikan asupan Gizi yang maksimal kepada Moms, baik itu berupa susu ibu menyusui, makanan pendamping dan hal lainnya yang berhubungan dengan peningkatan kualitas ASI dan mood.

Baca Juga

Masalah-Masalah Berat yang Bisa Menimpa Ayah dan Cara Mengatasinya

Inilah Masalah-Masalah Penghambat Kehamilan

Waspada Rambut Rontok Saat Masa Menyusui

Bantu atasi bosan

Diam di rumah selama 24 Jam tanpa variasi kegiatan, jelas akan membuat siapapun menjadi mudah jenuh. Kondisi ini, disadari atau tidak, ternyata menjadi salah satu pencetus stres ibu menyusui. Untuk itu, bantu Moms mengatasi rasa bosan ini dengan berbagai kegiatan, atau memberikannya teman ketika di rumah.

Suasana baru

Alasannya sih untuk menyambut kedatangan bayi baru, Dads pun kemudian mendekorasi ulang rumah Dads dengan tujuan supaya memberikan suasana baru di rumahnya. Tapi tanpa disadari, suasana yang baru ini bisa membuat mood ibu menyusui menjadi lebih stabil, apalagi jika dekorasi yang Dads gunakan merupakan kesukaannya.

Penuhi dengan cinta

Baca Juga

Barang-Barang Inilah yang Harus Ada di Tas Dads Saat Datangnya Masa Persalinan

Masalah-Masalah Plasenta yang Bisa Menganggu Janin

Dads Juga Harus Tahu Cara Mengatasi Si Kecil Yang Sedang Menangis!

Seperti disebutkan dalam beberapa artikel sebelumnya, wanita menyusui punya ketakutan akan kehilangan kasih sayang Dads karena kehadiran anak. Untuk itu, yakinkan kepada Moms jika Dads akan tetap mencintainya, walaupun kini telah hadir seorang anak di tengah kehidupan Dads. kalau perlu, berikan perhatian yang jauh lebih besar ketimbang dulu waktu belum punya anak.

Semua solusi di atas tentu saja akan berbeda-beda efeknya bagi setiap pasangan. Nah, Dads sendiri biasanya apa sih yang Dads lakukan supaya Moms merasa nyaman dan terhindar dari gangguan Mood Swing ketika menyusui?