Cooler Bag ASI, Sahabat Terbaru untuk Moms dan Si Kecil yang Baru Lahir

Merries Insight
14 Juni 2016
Umum
Share
Cooler Bag ASI, Sahabat Terbaru untuk Moms dan Si Kecil yang Baru Lahir

Saat Moms harus kembali bekerja, maka waktu untuk memberikan ASI bagi Si Kecil, seringkali tidak ada. Kalaupun ada, waktu yang tersedia sangat singkat. Untuk mengatasi hal ini, cara yang dapat Moms gunakan adalah memerah ASI. ASI yang sudah diperas ini dapat diberikan kepada Si Kecil, seperti layaknya susu formula. Namun, bila hanya memerah ASI saja, maka Si Kecil tidak akan dapat memperoleh ASI yang berkualitas.

Perlu Moms ketahui, saat ASI diperas, maka kualitas ASI akan menurun seiring waktu. ASI dapat bertahan di ruangan dengan suhu normal, yaitu sekitar 25 derajat Celcius selama 6 jam saja. Dan selama waktu tersebut, terdapat peluang bila ASI yang sudah diperas akan kehilangan Vitamin C. Padahal, Vitamin C sangat penting untuk pembangunan sistem kekebalan tubuh Si Kecil. Kekurangan asupan ini, tentunya akan meningkatkan resiko Si Kecil terserang penyakit.

Cooler bag ASI dapat membuat ASI bertahan lebih lama. Hal ini disebabkan, Cooler bag dibuat dengan beberapa bagian yang dapat mempertahankan kondisi ASI. Cooler Bag terdiri dari 3 bagian penting yang dibuat dari 3 bahan berbeda yang berfungsi sebagai penyekat panas, pelindung anti air serta lapisan paling luar untuk melindungi tas secara keseluruhan. Cooler Bag juga biasanya memiliki lapisan gel yang dapat membantu Moms untuk menyimpan ASIP (Air Susu Ibu Perasan) dalam waktu yang lebih lama.

Lapisan gel ini membuat suhu didalam tas lebih dingin yang dapat mempertahankan kualitas ASIP serta nutrisi yang ada didalamnya. Namun, agar dapat berfungsi maksimal, sebaiknya Moms menyimpan lapisan gel ini pada freezer selama semalam dan dimasukkan lagi ke Cooler Bag ASI saat Moms akan menggunakannya. Dengan cara ini, lapisan gel ini akan dapat menyimpan hawa dingin dan berguna untuk menjaga ASIP yang disimpan dalam Cooler Bag.

Namun, Cooler Bag ASI tidak akan dapat bekerja dengan baik, bila terdapat robekan atau kerusakan yang dapat menyebabkan udara luar masuk. Maka dari itu, Moms harus rutin memeriksa Cooler Bag yang Moms gunakan sebelum memakainya.

Tapi, untuk menjadikan Cooler Bag ASI sebagai sahabat terbaik Moms dan Si Kecil, Moms juga harus menyediakan perlengkapan lain untuk digunakan. Mulai dari alat untuk memerah ASI, yang tentunya harus steril, botol untuk menyimpan ASI serta ruangan untuk memeras ASI yang tertutup dan terjaga privasinya, agar Moms dapat merasa nyaman.