Cara Siapkan Anak Masuk TK

Merries Insight
17 Februari 2015
Umum
Share
Cara Siapkan Anak Masuk TK

Moms pasti banyak yang bertanya siapkah anak kami masuk sekolah TK? Sekolah TK memang menjadi wadah yang sangat tepat bagi anak-anak usia pre-school untuk bermain secara terpadu. Dengan sekolah TK, anak-anak paham bagaimana bermain bersama dengan teman-teman sebayanya, bagaimana berbagi dengan teman-teman, terpisah sementara dengan orang tua dan bagaimana belajar sambil bermain. Bagi moms yang berniat memasukan anak Anda ke sekolah TK, persiapkan sebaik mungkin dengan cara:

Karya wisata

Lakukan karya wisata ke beberapa calon sekolah TK target Anda. Pastikan Anda mengetahui sarana dan prasarana sekolah. Anda bisa bertanya pada guru dan staff di sekolah tentang sarana dan prasarana sekolah. Bertanyalah pada guru hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan oleh anak sebelum sekolah di sekolah tersebut.

Perbanyak latihan

Karena saat sekolah nanti anak-anak dituntut untuk lebih mandiri, moms bisa melatihnya untuk lebih mandiri dari sekarang. Misalnya, melatih untuk buang air kecil sendiri, latihan memakai celana sendiri, latihan makan dengan tangan sendiri, dan lain sebagainya.

Latih anak untuk duduk tenang dan mendengarkan

Anak-anak memang susah sekali diajak untuk duduk tenang. Apalagi mendengarkan orang lain. Salah satu cara untuk melatih agar anak dapat duduk tenang dan mendengarkan dengan baik yaitu dengan membacakan buku dongeng/ buku cerita untuknya.

Ajarkan anak untuk mengikuti petunjuk

Jangan lupa ajarkan untuk mengikuti petunjuk yang sudah ditetapkan di sekolah. Misalnya petunjuk yang meminta anak-anak untuk menyimpan mainannya saat sedang makan siang, dll.

Latih keterampilan motoriknya

Selain bermain dan belajar, kegiatan lainnya yang biasanya dilakukan oleh anak-anak di sekolah TK adalah mempelajari keterampilan di sekolah. Misalnya saja keterampilan menggambar dan mewarnai gambar dengan menggunakan crayon. Bila perlu mulai ajarkan alphabet dan angka-angka pada anak Anda. ajari juga bagaimana cara menggunakan lem kertas, gunting yang aman untuk anak-anak, cat air, dll.

Bermain bersama teman-temannya dengan baik

Bersosialisasi sangatlah penting. Ajarkan anak untuk berbagi dengan orang lain. Ajarkan anak untuk bersikap baik dengan orang lain. Latih anak Anda agar dapat bermain bersama teman-temannya dengan baik. Bila perlu, buatlah kelompok bermain dan kelompok belajar dengan anak-anak lainnya.